Met Gala 2015: Wajib Berkostum ala Asia, Haram Selfie

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2015 09:50 WIB
Met Gala 2015: Wajib Berkostum ala Asia, Haram Selfie Rihanna datang ke Met Gala 2015 dengan kostum menghebohkan. (REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selebriti dengan kostum-kostum mewah mulai berdatangan di Manhattan, Senin (4/5) waktu setempat. Mereka melintasi karpet merah dengan puluhan kertap kamera untuk menghadiri Metropolitan Museum of Art Costume Institute Gala 2015, atau lebih dikenal dengan Met Gala.

Kegiatan itu punya tema khusus dalam setiap penyelenggaraannya. Tahun ini, temanya adalah "China: Through the Looking Glass".

Jennifer Lopez mengenakan gaun ombre merah dengan sequin membentuk naga di sekujur tubuhnya. Emma Roberts menggelung rambut khas perempuan Tiongkok, dengan tas mungil bergambar naga. Rihanna mengenakan gaun kuning berekor panjang dengan bulu di bagian kerah.


Jennifer Lopez dengan busana seksi bermotif naga. (REUTERS/Lucas Jackson)
Jauh sebelum para selebriti itu memamerkan busananya di karpet merah, orang-orang khawatir bagaimana mereka menerjemahkan tema. Seperti diketahui, inti Met Gala adalah tamu yang datang dengan busana sesuai tema.

Mengutip Business Insider, tema tahun ini dianggap berbeda karena melibatkan ras lain. Tidak dijelaskan mengapa China dijadikan tema tahun ini. Yang jelas, itu bisa multitafsir.

Tema itu bisa jadi langsung diinterpretasikan sebagai busana tradisional Tiongkok, ada pula yang berpendapat busana apa pun sah asal dibuat oleh perancang asli Tiongkok. Ada yang menganggap sekadar riasan pun berpengaruh. Membuat mata lebih sipit dengan riasan, cukup.

Di antara banyak ekspektasi itu, ada sebagian kalangan yang "membaca" fenomena itu sebagai pengakuan bahwa kultur Tiongkok telah memengaruhi tren fesyen di Amerika dan Eropa. Bukan hanya itu, wajah-wajah Asia juga makin mudah ditemukan dalam film-film Hollywood.

Kim Kardashian datang bersama Kanye West. (REUTERS/Lucas Jackson)
Yang juga unik dalam Met Gala tahun ini, penggunaan sosial media dilarang. Kalau beberapa tahun belakangan selebriti sering memenuhi permintaan penggemar untuk selfie, Met Gala 2015 tidak memungkinkan itu.

Meski begitu, tak ada yang bisa menghentikan kenarsisan selebriti. Sebelum datang ke Met Gala, mereka lebih dahulu berfoto dan mengunggahnya ke media sosial. Instagram Karlie Kloss, Emma Roberts, Karen Elson, Alexa Chung, dipenuhi foto pose jelang Met Gala.

Akun Instagram resmi desainer pun memamerkan busana rancangan mereka yang dikenakan selebriti untuk mengunjungi Met Gala 2015.

(rsa/utw)