Bayaran Jennifer Lawrence Tertinggi, Mengalahkan Black Widow

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 21/08/2015 11:39 WIB
Bayaran Jennifer Lawrence Tertinggi, Mengalahkan Black Widow Jennifer Lawrence. (REUTERS/Adrees Latif)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh dunia sudah tahu bahwa Robert Downey Jr. sekaya Iron Man di kehidupan nyata. Ia didapuk sebagai aktor berpenghasilan tertinggi tahun ini oleh Forbes. Kini giliran mengetahui siapa "lawan" bintang film The Avengers itu.

Diberitakan Reuters, posisi itu ditempati Jennifer Lawrence. Kamis (20/8) Forbes mengumumkan, Jen--sapaan akrab Jennifer--mengantongi US$52 juta atau Rp719 miliar setahun belakangan. Dari mana semua itu?

Selain membintangi banyak film blockbuster, salah satunya The Hunger Games: Mockingjay Part 1 yang dirilis akhir tahun lalu dan laris, Jen juga menjadi wajah bagi industri kecantikan dan fesyen asal Perancis, Dior.


Posisi Jen di atas Scarlett Johansson dan Melissa McCarthy. Johansson, yang ikut membintangi Avengers dan Captain America, ada di posisi ke-dua aktris berbayaran tertinggi dengan US$35,5 juta atau Rp489 miliar. McCarthy mendapat US$23 juta (Rp316 miliar).

Selain mereka bertiga, lima besar aktris berbayaran tertinggi yang dirilis Forbes dilengkapi Fan Bingbing yang membintangi X-Men: Days of Future Past dengan penghasilan US$21 juta (Rp289 miliar), Jennifer Aniston dengan US$16,5 juta (Rp227 miliar), dan Sandra Bullock dengan US$8 juta atau Rp110 miliar,

Meski prestasi Jen membanggakan, masih ada yang perlu dikritisi dari posisinya itu. Masalahnya, penghasilan yang diraupnya masih jauh tertinggal dibanding Downey. Pemeran Tony Stark itu mengantongi US$80 juta atau Rp1,1 triliun terhitung Juni 2014 sampai tahun ini.

Forbes memang mencatat, hanya empat dari perempuan-perempuan dengan penghasilan tertinggi tahun ini, yang menambah pundi-pundi kantongnya lewat film, televisi, maupun duta produk, yang meraih lebih dari US$20 juta atau Rp276 miliar. Sebagai perbandingan, 21 pria dari yang berpenghasilan tertinggi tahun ini, bisa mencapai jumlah itu, bahkan lebih.

Tahun lalu, Jen sudah membuat heboh Hollywood soal penghasilannya yang terkuak. Melalui peretasan Sony Pictures, diketahui, aktris 25 tahun itu dibayar lebih rendah dibanding lawan main prianya dalam film American Hustle.

Itu seakan menguatkan persepsi bahwa Hollywood masih tidak menyamaratakan gender.

Data penghasilan yang dirilis itu didapat dari kumpulan pendapatan selebriti Juni 2014 sampai Juni 2015, sebelum dikurangi bayaran manajemen dan pajak. Data itu didapat dari Nielsen, Box Office Mojo, dan IMDb. Forbes juga mewawancara agensi, manajer, dan pengacara.