'Surat dari Praha,' Kisah Cinta yang Tersisa dari 1965

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 11/11/2015 17:54 WIB
'Surat dari Praha,' Kisah Cinta yang Tersisa dari 1965 Julie Estelle memerankan Laras dalam Surat dari Praha. (Dok. Visinema Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- "Waktu mengubah banyak hal," kata Jaya (Tyo Pakusadewo) pada Laras (Julie Estelle) dalam salah satu adegan film Surat dari Praha yang dicuplik dalam trailer-nya. Cuplikan itu diunggah ke YouTube, hari ini Rabu (11/11) sebagai trailer pertama.

Trailer itu memang menyuguhkan banyak adegan Jaya bersama Laras. Namun jauh dari romansa. Mereka adalah dua generasi berbeda. Laras mengunjungi Jaya di Praha untuk mengantarkan pesan sebuah kotak dan sepucuk surat dari Sulastri (Widyawati).

Jaya merupakan mahasiswa ikatan dinas dari Indonesia yang tinggal di Praha, dan tak bisa pulang akibat kejadian 1965 di kampung halamannya. Bertahun-tahun ia menjadi stateless, atau tanpa kewarganegaraan. Ia bertahan hidup tanpa siapa-siapa.


Kedatangan Laras mengusik masa lalunya. Ia telah meninggalkan banyak hal. Keluarga, politik, bahkan mimpi. Namun dengan tegas ia menyatakan, "Saya bukan komunis!" Laras masuk ke kehidupan Jaya, menemaninya berjalan-jalan sampai bermain piano.

Di antara waktu-waktu itu, Laras dan Jaya terlibat perbincangan serius dan mendalam. Tentang kondisi di Indonesia, politik, dan keputusan maupun kesalahan masa lalu.

Trailer berdurasi lebih dari dua menit itu bukan hanya menyuguhkan cuplikan-cuplikan Surat dari Praha. Suara merdu Julie menyanyikan Nyali Terakhir, lagu Glenn Fredly yang didedikasikan untuk film itu, juga bisa terdengar dalam trailer.

Surat dari Praha memang film kerja sama terbaru Glenn dengan Angga Dwimas Sasongko, setelah sukses dengan Cahaya dari Timur: Beta Maluku. Angga memilih lagu Glenn yang sudah 20 tahun berkarya di belantika musik, dan mengolaborasikannya dengan cerita.

"Saat pertama kali membacanya, saya senang sekali karena ternyata Angga mampu menjahitnya menjadi sebuah kisah yang sangat menarik," ujar Glenn dalam keterangan pers yang diterima Rabu (11/11).

Sebelumnya, Glenn menuturkan pada CNN Indonesia, filmnya akan membungkus kisah tersembunyi terkait 1965, dengan cerita cinta. Surat dari Praha rencananya akan tayang di bioskop pada 28 Januari 2016, menyuguhkan romantisme yang tersisa dari 1965.

Seperti kata Jaya dalam trailer Surat dari Praha, "Politik berubah, kekuasaan berubah, ilmu pengetahuan berubah. Hanya cinta dan musik yang tidak pernah berubah."

[Gambas:Youtube] (rsa/vga)