'Borat' Bantu Anak-anak Pengungsi Suriah Rp13,6 Miliar

Vega Probo, CNN Indonesia | Senin, 28/12/2015 08:07 WIB
'Borat' Bantu Anak-anak Pengungsi Suriah Rp13,6 Miliar Sacha Baron Cohen dan istrinya, Isla Fisher (CNNIndonesia GettyImages/Michael Kovac/Getty Images for BAFTA LA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komedian dan aktor Sacha Baron Cohen bersama istrinya yang cantik, Isla Fisher, mendonasikan dana total US$1 juta untuk anak-anak pengungsi Suriah melalui dua organisasi berbeda.

Dengan spirit Natal, pasangan ini memberikan donasi melalui International Rescue Committee (IRC), yang berbasis di New York, AS, juga Save the Children, yang melindungi anak-anak Suriah.

Kedua organisasi, sebagaimana dikabarkan The Sunday Times, masing-masing menerima dana US$500 ribu, pada Minggu (27/12), yang digunakan untuk melindungi 250 ribu anak Suriah.



“[Dana bantuan dari Sacha dan Isla] menyelamatkan ribuan nyawa dan melindungi anak-anak,” kata Justin Forsyth, petinggi Save the Children, sebagaimana dikutip Yahoo.

“Sacha dan Isla meringankan beban korban tragedi,” kata Justin lagi. Di lain kesempatan berbeda, David Miliband dari IRC menyebut ketulusan pasangan ini “aksi kemanusiaan luar biasa.”

Sacha dikenal lewat peran satir sebagai Borat dan Ali G, sementara Isla melambung namanya lewat film The Great Gatsby dan Wedding Crashers, juga opera sabun Australia, Home and Away.


Dukungan Sacha dan Isla semakin menambah panjanh daftar selebriti yang bersimpati terhadap anak-anak Suriah. Sebelumnya aktris Angelina Jolie juga melakukan aksi sosial serupa.

“Konflik Suriah telah melahirkan penderitaan umat,” kata istri aktor Brad Pitt ini dalam pidatonya sebagaimana dikutip CBS. “Negara Suriah telah berubah menjadi arena pembunuhan.”

Edward Norton juga menyumbang dana US$400 ribu untuk para pengungsi Suriah. Sang aktor Birdman terharu kala menyimak berita korban peperangan Suriah yang kehilangan istri dan anak.

Lalu, Edward menggagas penggalangan dana untuk membantu para pengungsi Suriah. Ia menegaskan, aksi sosial ini sama sekali tak ada kaitannya dengan isu politik.

[Gambas:Youtube] (vga/vga)