Nia Dinata Hadirkan Kembali Tiga Dara

Silvia Galikano, CNN Indonesia | Rabu, 30/03/2016 08:38 WIB
Nia Dinata Hadirkan Kembali Tiga Dara Nia Dinata. (CNNIndonesia/Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nia Dinata mengangkat kembali karya klasik Usmar Ismail "Tiga Dara" dengan sentuhan baru.

Film musikal “Tiga Dara” pertama kali dirilis pada 1956, dibintangi Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak.

"Sejak kecil aku suka sekali menonton film "Tiga Dara", berulang kali dan masih benar-benar lekat di ingatan sampai sekarang.


“Saya sampai kagum, kok bisa ya zaman dulu orang Indonesia membuat film seindah itu, ditambah lagi dengan tema cerita yang masih relevan sampai sekarang," tutur Nia dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (29/3), seperti diberitakan Antara.

Sekalipun sedikit mengubah judul menjadi "Ini Kisah Tiga Dara", Nia berusaha mempertahankan ruh cerita aslinya. Begitu pun dengan karakter dalam film, yakni satu eyang dan tiga cucu perempuannnya.

"Karakternya sama, satu oma dan tiga cucunya. Soul-nya sama, tapi cerita, konsep, alurnya sangat berbeda," ujar dia.

Seperti layaknya karya musikal, para pemain dalam film mulai dari Shanty, Tara Basro, aktris pendatang baru Tatyana Akman, Rio Dewanto, Reuben Elishama hingga Richard Kyle dituntut mampu menyanyi, menari, serta berakting.

"Badan gue kayak kayu, susah lentur. Tetapi syukurnya cukup banyak waktu latihan, sekitar dua bulan. Kendala seperti susah gerak lama-lama bisa dilewati. Para pemain lainnya juga sangat membantu," kata Rio Dewanto.

Tak hanya sederet pemain muda, Nia juga mellibatkan aktor senior Ray Sahetapy dan aktris legendaris Titiek Puspa dalam film itu. Bagi Titiek, film ini seakan menandai kembalinya dia di kancah perfilman Indonesia setelah 33 tahun vakum.

Proses pengambilan gambar dilakukan di Maumere, Nusa Tenggara Timur dan Jakarta. Saat ini prosesnya telah selesai dan mulai memasuki tahap pascaproduksi. Rencananya film terbaru Nia itu akan tayang di bioskop pada September mendatang.

(sil)