Ada Tersangka Baru Peretas Foto Bugil Selebriti Hollywood

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 05/07/2016 03:02 WIB
Ada Tersangka Baru Peretas Foto Bugil Selebriti Hollywood Ilustrasi peretasan. (Thinkstock/stokkete)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyidik benar-benar menangani sampai tuntas kasus peretasan akun-akun selebriti. Beberapa selebriti seperti Jennifer Lawrence, Kate Upton, dan Mary Elizabeth Winstead menjadi target peretasan, November 2012 sampai Agustus 2014.

Pelaku meretas akun mereka, mengambil foto-foto pribadi, lalu mengunggahnya ke media sosial.

Pada Maret lalu, pria asal Lancaster, Pennsylvania bernama Ryan Collins sudah ditetapkan bersalah. Mengutip Digital Spy, ia mengaku meretas sekitar 100 akun, termasuk beberapa selebriti papan atas.


Kini seorang pria lain baru saja ditangkap atas kasus yang sama. Pria asal Chicago bernama Edward Majerczyk harus menghadapi hukuman sampai lima tahun penjara. Hukuman teringannya berkisar antara enam sampai 12 bulan kurungan.

Variety memberitakan, pria 28 tahun itu dianggap bersalah karena meretas Apple iColud dan Gmail. Lebih banyak dari Collins, Majerczyk meretas sampai 300 akun. Dari korban-korbannya itu, sekitar 30 di antaranya selebriti, menurut pengakuannya.

Jaksa sebenarnya tidak bisa membuktikan apakah Majerczyk mengunggah foto-foto hasil peretasannya ke dunia maya. Investigasi soal itu masih berjalan. Namun tetap saja, ia bersalah karena sudah meretas dan harus dihukum atas itu.

Baik Majerczyk maupun Collins mendapat ancaman hukuman yang sama. Kasus mereka juga sama. Namun menurut Thom Mrozek juru bicara Kejaksaan Los Angeles, mereka beroperasi secara masing-masing dan independen, tak ada kaitan.

Tidak diungkap daftar siapa saja selebriti yang diretas akunnya oleh Collins maupun Majerczyk. (rsa/rsa)