'Yesus' Misterius di Balik Dinding Donald Trump

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 22/07/2016 10:54 WIB
'Yesus' Misterius di Balik Dinding Donald Trump Donald Trump dibuatkan dinding oleh seniman bernama Plastic Jesus. (REUTERS/Carlo Allegri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ini yang akan terjadi jika Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat. Negara Adidaya itu dikelilingi dinding tinggi dengan kawat berduri. Trump sendiri yang pernah menyampaikannya, agar imigran dari Meksiko tak lagi membanjiri AS.

Seniman jalanan Los Angeles Plastic Jesus mencoba memberi gambaran pada publik bagaimana dinding itu bakal memagari AS. Selasa (19/7) lalu, bersamaan dengan terpilihnya Trump secara resmi sebagai calon presiden AS dari Partai Republik, Plastic Jesus memagari bintang sang miliuner.

Sejajar dengan selebriti lain, Trump juga punya bintang di Hollywood Walk of Fame Los Angeles. Tapi kini bintang Trump punya miniatur dinding dengan kawat berduri, yang di tiap sudutnya diberi bendera AS. Ada tanda "Keep Out" di dinding itu.


Plastic Jesus mengunggah gambar karyanya ke Instagram dan menulis, "Pengunjung Hollywood Walk of Fame yang terkenal dihadapkan pada edisi Famous Star Trump yang tidak biasa."

"Seseorang membangun dinding solid abu-abu setinggi 15 centimeter di sekelilingnya. Lengkap dengan tanda "Keep Out" dan kawat berduri di atasnya. Penambahan spesial itu bisa dilihat Selasa sore, sebagai hiburan bagi pengunjung," lanjutnya.

Para pejalan kaki di Hollywood pun ramai mengambil gambarnya. Seseorang mengunggahnya di Instagram dan menulis keterangan, "Trump akhirnya dapat dindingnya."

Selain pernyataannya yang kontroversial soal imigran, Trump juga dihujat lantaran membenci Muslim. Plastic Jesus sudah sering menjadikan Trump 'objek fantasi' gairah seninya. Sebelum membangunkan Trump dinding, ia membuat tanda parkir bertuliskan, "No Trump Anytime."

Tulisnya, "Unduh dan cetak tanda No Trump Anda sendiri. Klik saja di tautan biodata. Mungkin [Anda bisa] membuat beberapa untuk Cleveland pekan ini. Sebarkan cinta ini!" Tanda yang sama pernah dibikin Plastic Jesus untuk aktris Kim Kardashian.

Mengutip CNN, Plastic Jesus juga seniman di balik patung Oscar yang berpose tengah menyuntikkan heroin dengan lengan kanan ke lengan kirinya.

Entah siapa seniman di balik nama Plastic Jesus itu. Namanya sudah ternama. Karyanya teracak di mana-mana, meski hanya untuk waktu singkat kemudian dipindah. Kebanyakan berupa sindiran menggelitik yang diinspirasi dari berita aktual, lingkungan urban, budaya, juga politik.

Dinding untuk Donald Trump yang dibuat seniman Plastic Jesus. (REUTERS/Sasa Brajovic)

Karyanya, yang mengombinasikan humor, ironi, kritik, serta penyampaian opini yang unik itu banyak diulas di media internasional.

Namun ia tak pernah menampakkan wajahnya. Dalam foto profil di situs web-nya, Plastic Jesus benar-benar menggunakan siluet wajah Jesus, lengkap dengan jalinan akar di kepalanya. "Plastic Jesus Los Angeles," demikian ia mengklaim diri.

Foto lain menunjukkan ia dengan kaleng cat semprot dan masker, wajahnya tak lagi tampak.

Profilnya menyebutkan, "Sebelum komitmennya membuat seni jalanan yang provokatif, Plastic Jesus bekerja selama dua dekade sebagai fotografer."

Plastic Jesus termasuk seniman profesional, mengingat ia punya tim solid. Dalam situsnya ia mengatakan, "Jika Anda menemukan karya seni Plastic Jesus di gedung rumah Anda dan tidak menginginkannya di sana, tolong kirimi kami surel."

"Tim kami akan memindahkannya dan membuatnya kembali indah," ujar tim Plastic Jesus. (rsa/vga)