Demo 4 November: Ahmad Dhani Turun ke Jalan, Tompi Penasaran

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 04/11/2016 12:35 WIB
Beberapa selebriti ikut berkomentar soal demo 4 November ini. Ahmad Dhani dan Peggy Melati Sukma bahkan ikut turun ke jalan, dengan cara berbeda. Ahmad Dhani ikut turun ke jalan demo Ahok 4 November 2016. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demonstrasi besar-besaran tengah berlangsung di sekitaran Jakarta, Jumat (4/11). Organisasi-organisasi yang mengatasnamakan agama, menuntut keseriusan pemerintah menuntaskan penyelidikan dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Ribuan orang turun ke jalan. Massa datang dari berbagai daerah. Di antara orang-orang bersorban dan berbusana serba putih yang memadati Istiqlal maupun Monas itu, ada wajah populer musisi Ahmad Dhani. Dengan tegas ia memamerkan di media sosial, dirinya ikut demo.

Dalam akun Instagram-nya, Dhani mengunggah foto yang menampilkan dirinya tengah berpose bersama pasukan pengamanan berbaju loreng di salah satu gedung. Pentolan band Dewa itu tampak mengenakan atasan baju muslim putih dan bawahan celana hitam. Ia mengalungkan sorban kotak-kotak hitam putih di lehernya dan menutupi kepalanya dengan kopiah hitam.


Pada foto tersebut, ia menulis keterangan, "Bersiap menuju Istiqlal #demo4november".

Beberapa menit kemudian, mantan suami Maia Estianty itu mengunggah sebuah video lain. Kali ini menampilkan ia tengah berjalan bersama beberapa orang pendemo yang mengenakan atasan putih di sekitaran Jalan Thamrin, kawasan yang menjadi salah satu titik demonstrasi.

"Bismillah, Istiqlal kami datang #demo4november," tulisnya dalam keterangan video itu.

Pria yang juga tengah menjajal 'peruntungan' politik dengan maju sebagai Wakil Bupati Bekasi berpasangan dengan Sa'duddin itu sebelumnya ‘berkicau’ soal demo 4 November dan penistaan agama, di akun Twitter miliknya. "NU dan Muhammadiyah sudah SAH turun ke jalan tanggal 4 November... Sampai jumpa di sana. ADP," tulis Dhani pada Minggu (30/10) lalu.

Ia pun menulis, "Kenapa Jokowi sibuk bela Ahok ketemu sana sini??? Takut tanggal 4? -ADP."

"Penistaan agama itu bukan pendapat awam, saksi ahlinya adalah MUI. Polisi tunggu apa??? -ADP," tulis selebriti kontroversial yang sempat bermasalah dengan Ahok itu, lagi.

Selain Dhani, aktris Peggy Melati Sukma pun turun berdemo. Ia bahkan sempat membagikan 2.500 nasi bungkus, madu, dan air minum kepada para demonstran. Selebriti yang belakangan berhijab itu berharap demo berlangsung damai dan aspirasi demonstran didengar penguasa.

Di sisi lain, penyanyi solo pria Tompi juga mengaku ingin ikut turun demonstrasi hari ini. Namun, alih-alih ingin mendukung, Tompi mengaku hanya penasaran dan ingin mendengar apa saja tuntutan yang dilontarkan para demonstran. "Silakan aksi, saya enggak anti. Saya malah mau ikutan besok... ingin dengar langsung," tulis sang penyanyi.

Pria yang juga seorang dokter bedah plastik itu menulis cuitan tersebut untuk menjawab Tweet dari penggemar yang mengatakan, "Jadi, menurut hemat saya, tidak perlu berkata dan bertindak kasar om, karena ada sistem di negara ini, termasuk yang mau aksi besok..."

Dalam beberapa cuitan yang diunggah, Tompi tetap menganggap bahwa Ahok tidak menghina agama Islam. Menurutnya, Ahok hanya menghina orang-orang yang menjual agama demi kekuasaan.

"Sederhana saja kalau urusan agama, kalau ada dua calon pemimpin dengan kualitas yang sama bagusnya, namun beda agama--terang saya akan pilih yang seagama. Tapi, bila kualitasnya (yang sealiran dengan) saya jauh dari yang diharapkan---MAAF SAJA!" katanya.

Ia juga menuturkan, "Allah juga benci orang-orang yang nyolong! Korup dengan cara dan alasan apa pun! Apalagi korup dengan berdoa!"

Sementara itu, seakan meredam konflik di jalanan, sutradara kondang Joko Anwar melalui akun Twitter miliknya mencuit, "Saya #PercayaIndonesia. Hari ini akan baik-baik saja." (rsa/rsa)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK