Film 'Chrisye' Angkat Perjalanan Musik Sang Legenda

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 01/02/2017 19:16 WIB
Film 'Chrisye' Angkat Perjalanan Musik Sang Legenda Aktor Vino G Bastian akan berperan sebagai Chrisye dalam film yang diangkat dari kisah hidup penyanyi legendaris Indonesia itu. (Foto: CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rencana pembuatan film biopik Chrisye segera memasuki tahap produksi. Rizal Mantovani yang didapuk sebagai sutradara mengatakan, film Chrisye akan menggambarkan perjuangan penyanyi legendaris itu dalam berkarier di dunia musik. 

Film ini, kata dia, mengambil detail era 1970 hingga 1990an. Dimulai pada 1972, Chrisye, yang pada saat itu masih menjadi anggota band Gipsy, mendapatkan tawaran untuk bermain musik di sebuah kafe di New York, Amerika Serikat.

"Hanya bermain band di kafe, bukan di suatu venue, tapi menurut Chrisye muda itu adalah satu langkah besar pertama untuk karier ke depannya," ujar Rizal saat bertemu media, di Jakarta Selatan, Rabu (1/2).


"Kami mulai saat Chrisye memutuskan untuk pergi ke New York, akan tetapi sebelumnya diperkuat dengan adegan bahwa untuk sampai ke sana tidak semudah itu," tambah dia.

Menurut Rizal, ada beban berat yang harus dibawa Chrisye saat itu. "Bukan hanya itu, hal-hal lain yang dia lakukan, di balik karya-karya itu ada peristiwa-peristiwa dan langkah-langkah besar yang harus dialami sebagai manusia, menjadi salah satu momen yang menarik untuk digambarkan di film."

Penceritaan kemudian berlanjut hingga masa 1997, ketika Chrisye menyanyikan lagu Ketika Tangan dan Kaki Berkata karya Taufiq Ismail. Rizal menuturkan, momen itu diangkat karena saat itulah karya fenomenal yang memiliki cerita di balik proses rekamannya yang perlu diberitahukan kepada khalayak luas.

Para pemeran 

Selain memberi bocoran fokus penceritaan film, rumah produksi MNC Pictures juga mengenalkan sejumlah pemeran yang akan bermain di film Chrisye.

Di antaranya, Vino G. Bastian yang mendapat kepercayaan sebagai pemeran Chrisye, dan Velove Vexia sebagai Damayanti "Yanti" Noor, istri Chrisye. Selain keduanya, film ini juga akan menampilkan para pemeran yang nantinya didapuk sebagai Guruh Soekarno Putra, Addie MS, Sys NS, Jay Subiakto, sebagai sahabat Chrisye yang berperan besar atas perjuangan sang artis dalam meraih kesuksesannya.

Disampaikan Rizal, proses syuting sendiri baru dimulai pada 7 Februari mendatang, dan dijadwalkan rilis pada September 2017.

Film 'Chrisye' Berawal dari Awal Kariernya di New York Sutradara Rizal Mantovani dan para pemeran film Chrisye, saat ditemui media, di Jakarta pada Rabu (1/2). (Foto: CNN Indonesia/Resty Armenia)
"Pemilihan para pemeran film ini melalui proses yang cukup seru dan panjang. Saya dan tim ingin ada sebuah kemiripan dan yang paling penting bisa masuk dalam jiwanya. Maka, kami mengambil pemain yang kami rasa terkualifikasi. Kalau ada yang mirip, tapi akting kurang, tentu akan sangat lain," kata Rizal.

Rizal mengatakan, seluruh proses syuting film dilakukan di Jakarta. Menurutnya, lokasi syuting cukup banyak, karena harus menggambarkan era 1970an hingga 1990an. Selain berupaya untuk 'menyulap' studio dan rumah menjadi sesuai dengan era yang diperlukan, ia mengaku harus mengatur gaya bicara para tokoh agar sesuai pada zaman itu.

Dalam kesempatan yang sama, penulis skenario Alim Sudiyo menjelaskan, film ini dibuat 90 persen sesuai dengan cerita hidup Chrisye yang sebenarnya, berdasarkan sudut pandang Damayanti.

"Saya menerjemahkan dari point of view Damayanti sebagai orang yang paling kenal dekat dengan proses hidup Chrisye. Jadi ini 90 persen memang kisah nyata dari hidup Chrisye, yang 10 persen penyesuaian, karena banyak hal yang tidak bisa diulang dari era 70an dan 80an," katanya. (res/rah)