Sutradara 'La La Land' Raih Directors Guild of America Award

Rahman Indra, CNN Indonesia | Senin, 06/02/2017 07:32 WIB
Sutradara 'La La Land' Raih Directors Guild of America Award Damien Chazelle meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik, menambah raihan yang ia capai sebelumnya di Golden Globes, dan peluang besar buat Oscar. (Dok/Golden Globes2017/Foto: Paul Drinkwater/Courtesy of NBC/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Damien Chazelle, sutradara film musikal La La Land kembali meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik. Kali ini dalam gelaran Directors Guild of America (DGA), yang digelar pada Sabtu (4/2), di Amerika Serikat.

Raihannya itu, seperti dilansir AFP, menambah daftar pencapaiannya sementara, setelah menang di kategori yang sama di Golden Globes beberapa waktu lalu. Dengan kemenangannya kali ini, Chazelle makin mendapat peluang menang di gelaran Oscar yang berlangsung pada Februari mendatang.

Sutradara muda berusia 32 tahun itu menjadi sorotan dan kesayangan Hollywood dalam rangkaian penghargaan film tahun ini. Bahkan, film yang ditulis dan disutradarainya serta dibintangi Emma Stone dan Ryan Gosling itu, mencetak rekor sendiri dengan raihan 14 nominasi di Oscar.


"Film sangat berpengaruh karena ia menyampaikan pesan untuk siapa saja. Mereka menyampaikan pesan pada semua negara, pada semua budaya," ujar Chazelle, yang ayahnya berdarah Perancis-Amerika, saat berada di Beverly Hilton di beverly Hills.

Seperti ajang penghargaan film yang kini ramai mengkritisi kebijakan imigrasi kontroversi presiden AS Donald Trump, ajang DGA pun bernasib sama. Chazelle dalam pidato kemenangannya juga mengecam kebijakan presiden usungan partai Republik itu dalam melarang warga yang datang ke AS dari tujuh negara mayoritas muslim, khususnya yang menghambat kedatangan sutradara film asal Iran, Asghar Farhadi menghadiri Oscar.

"Seni mestinya dapat membuat siapaun di dunia menjadi lebih besar dari apa yang ia bayangkan," ujarnya menambahkan.

Kemenangan Chazelle di DGA membuka peluang besar baginya untuk juga meraih penghargaan di kategori sutradara terbaik di Oscar. Sejak awal perhelatannya siapapun sutradara yang menang di DGA biasanya juga akan menang di Oscar. Tercatat sebanyak 12 dari 13 pemenang DGA meraih kemenangan di Oscar.

Chazelle meraih kemenangan di DGA mengalahkan Barry Jenkins lewat filmnya Moonlight, Denis Villeneuve lewat Arrival dan Garth Davis lewat film Lion. (rah/rah)