Pemerintah Korsel 'Boyong' Tujuh Artis K-Pop ke SXSW

Resty Armenia, CNN Indonesia | Selasa, 28/02/2017 16:17 WIB
Pemerintah Korsel 'Boyong' Tujuh Artis K-Pop ke SXSW Pemerintah Korea Selatan membawa tujuh musisi ke festival SXSW di Amerika. (Foto: Dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Korea Selatan akan 'memboyong' tujuh artis K-Pop ke festival musik masif South By South West (SXSW) di Austin, Amerika Serikat pada pertengahan Maret ini.

Mengutip Yonhap News via Naver, pekan lalu Korea Creative Content Agency (KOCCA) mengumumkan bahwa pasangan rapper Tiger JK dan Yoon Mirae, vokalis Hyorin, grup vokal wanita Red Velvet, band punk rock No Brain, band garage rock Galaxy Express, dan penyanyi sekaligus penulis lagu Big Phony akan tampil dalam sebuah pentas bertajuk "2017 K-pop Night Out" dalam SXSW yang tepatnya digelar pada 17 Maret.

Acara itu merupakan bentuk kerjasama antara oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan dan KOCCA yang bertujuan untuk membantu musisi Korea memasuki pasar luar negeri.



Sukses Hyorin

Vokalis utama girlgrup SISTAR, Hyorin, menjadi salah satu musisi yang telah merasakan manisnya upaya kedua lembaga pemerintah tersebut. Ia baru saja menandatangani kontrak bersama Spinnin' Records, label raksasa asal Hilversum, Belanda yang menaungi artis-artis electronic dance music (EDM) besar, seperti Martin Garrix, Hardwell, Tiësto, Oliver Heldens, Quintino, Watermät, Firebeatz, dan lain sebagainya.

"Label rekaman EDM terbesar di dunia Spinnin' Records menandatangani sebuah kontrak dengan Hyorin, [menjadikannya sebagai] artis asal Asia pertama yang berhasil melakukannya. Sebuah kolaborasi dengan Justin Oh akan dirilis pada Maret," ujar perwakilan agensi yang membawahi Hyorin di Korea Selatan, Starship Entertainment pada Selasa (28/2), dilansir dari TV Report via Naver.


Meski berposisi sebagai vokalis utama grup idola wanita yang terkenal akan suara merdunya, Hyorin selalu bisa membuktikan bahwa suaranya cocok untuk menyanyikan lagu dengan jenis musik apapun. Tak tanggung-tanggung, wanita kelahiran 1991 ini bahkan pernah berpartisipasi dalam musim ke-dua kompetisi rapper yang disiarkan Mnet, Unpretty Rapstar.

Pada Oktober tahun lalu, seniman bernama asli Kim Hyojung ini berkolaborasi dengan Far East Moment dan Gill Chang dalam lagu Umbrella. Lagu dari album mini perdananya yang digarap dengan rapper Dok2, Love Like This, dirilis beberapa hari setelahnya.

Single ke-dua yang berkolaborasi dengan Jay Park, One Step, diluncurkan pada awal November. Selang sepekan kemudian, ia merilis extended play berjudul It's Me dengan lagu utama Paradise. (res/rsa)