Erami Telur Hingga Menetas, Seniman Perancis Jadi Induk Ayam

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 21/04/2017 08:45 WIB
Erami Telur Hingga Menetas, Seniman Perancis Jadi Induk Ayam Seniman asal Perancis Abraham Poincheval mengerami sepuluh telur ayam. (Ilustrasi/Foto: WandererCreative/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seniman 'sakti' asal Perancis Abraham Poincheval berhasil mengerami telur ayam hingga menetas.

Ini bukan kali pertama Poincheval bereksperimen. Sebelumnya dia pernah mencoba hidup dalam perut boneka beruang, batu, hingga mengarungi sungai dalam botol plastik raksasa.

Kali ini, Poincheval menunjukkan aksinya menjadi induk ayam dengan mengerami telur ayam. Pria berusia 44 tahun itu sudah duduk di atas 10 telur di dalam sebuah kotak kaca di museum seni modern Palais de Tokyo di Paris sejak 29 Maret lalu.
Kesabaran Poincheval akhirnya berbuah hasil pekan ini. Setelah mengerami telur selama tiga minggu, dia terpaksa bangkit sejenak agar seekor anak ayam berbulu kuning dapat keluar dari cangkangnya.


Anak ayam itu merupakan anak pertama Poincheval. Dia masih harus menunggu sembilan ekor ayam lagi untuk menyudahi penantiannya. Dia harus tetap berada dalam kotak kaca itu hingga telur-telur lainnya benar-benar menetas. Setelah itu, Poincheval baru bisa kembali ke dua anak manusianya.

"Itu sangat berat baginya. Dia harus tidur sambil duduk di atas telur. Ini jauh lebih berat ketimbang mesti hidup dalam batu," kata juru bicara museum kepada AFP, seperti dikutip dari Telegraph.
Salah satu kesulitan yang harus dilalui Poincheval adalah merenung di atas telur dengan suhu yang cukup panas yakni minimal 37 derajat celcius.



Poincheval duduk hampir sepanjang hari. Dia hanya boleh beristirahat setengah jam setiap 24 jam di salah satu sudut kaca dengan menggunakan jubah tradisional Korea yang dirancang khusus.

Poincheval sudah bersumpah bahwa anak-anak ayamnya itu tidak akan pernah berakhir di piring makan. Dia menyatakan bakal memberi mereka kehidupan yang layak di peternakan ayahnya di bagian barat Perancis.

Aksi Poincheval menjadi tontonan publik di Paris. Bahkan pihak museum menyediakan tontonan langsung via YouTube.