Mengenal 'Quando Quando Quando' di Balik Goyang Aster Dance

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 12/05/2017 17:00 WIB
Mengenal 'Quando Quando Quando' di Balik Goyang Aster Dance Ilustrasi: Quando Quando Quando adalah salah satu lagu yang pernah dibawa ulang oleh Michael Buble. (ANTARAFOTO/Rosa Panggabean/pras/15)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media sosial tengah diramaikan dengan unggahan berbagai orang yang asik bergoyang mengikuti sebuah lagu melalui #AsterDanceChallenge.

Lagu latar itu bukan lagu biasa, melainkan satu dari sedikit lagu yang banyak digubah ke berbagai bahasa di Dunia.

Lagu yang digunakan dalam berbagai tayangan Aster Dance Challenge adalah versi terbaru dari Quando Quando Quando oleh DJ Noize.

Aslinya, lagu Quando Quando Quando ini berasal dari Italia dan diciptakan pertama kali pada 1962 oleh Tony Renis dan Alberto Testa.


Kala itu, keduanya menyanyikan lagu yang kemudian dinyanyikan oleh Renis dan Emilio Pericoli dalam kompetisi lagu Sanremo Music Festival 1962.

[Gambas:Instagram]

Meski lagu tersebut hanya mendapatkan peringkat ke-empat, namun lirik dan nada yang mudah dicerna membuat lagu itu meledak di masyarakat Italia serta menguasai tangga lagu.

[Gambas:Youtube]

Diincar Berbagai Musisi


Kesuksesan Quando Quando Quando membuat musisi Amerika Serikat, Pat Boone tertarik menggubahnya dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, lagu tersebut bermakna agak ganjil, When When When alias Kapan Kapan Kapan tanpa tanda tanya.

Lagu Quando Quando Quando versi bahasa Inggris yang dibuat Boone dan Ervin Drake kemudian mengikuti jejak lagu aslinya, meledak di pasaran.

Lagu itu terjual lebih dari 50 juta kopi dan tercatat sebagai lagu dengan penjualan terbaik sepanjang masa.

[Gambas:Instagram]

Sejak saat itu, berbagai musisi datang menyanyikannya dengan versi sendiri atau mengikuti versi aslinya.

Dimulai dari penyanyi Amerika berdarah Italia Connie Francis yang menyanyikan ulang dalam bahasa Italia pada 1963.

Kemudian, Sergio Franchi pada 1965 merekam lagu itu dengan dua bahasa Inggris-Italia di dalam albumnya Live at the Coconut Grove.


Penyanyi Kanada Bobby Curtola pun ikut melantukannya pada 1967, diikuti oleh penyanyi Inggris Cliff Richard pada 1968, serta Marc Ansoult dari Belgia.

Hingga pada 2005 dinyanyikan Michael Buble lewat versi duet bersama Nelly Furtado. Versi Buble itulah yang kemudian cukup mendongkrak popularitas lagu Quando Quando Quando kembali di era 2000-an hingga kini.

Hingga kemudian lagu itu populer dalam versi remix yang dibawakan DJ Noiz dan dijadikan lagu pengiring sebuah tantangan menari.

[Gambas:Youtube]


Direkam Berbagai Bahasa

Selain beberapa versinya yang populer dengan bahasa Italia dan Inggris, lagu itu pun sempat direkam dalam beberapa bahasa lain.

Seperti penyanyi Italia Caterina Valente, pada tahun lagu itu dirilis dia merekamnya dalam versi bahasa Jerman.

Hal itu pun juga sempat dilakukan Roberto Blanco, penyanyi asal Kuba yang menyanyikan dalam campuran bahasa Jerman dan Italia.


Pada akhir 1960, penyanyi asal Kamboja Sinn Sisamouth ikut merekamnya dalam bahasa asal dia.

Kemudian, Tiiu Varik dan Jüri Lipp menyanyikan lagu Quando Quando Quando dalam versi bahasa Estonia pada 1964, tempat mereka berasal.

Dan pada 2014, lagu itu diterjemahkan dalam bahasa Spanyol oleh penyanyi Kolombia, Marco T.

[Gambas:Youtube]