Lagu-lagu Ikonis Soundgarden Karya Chris Cornell

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 18/05/2017 19:38 WIB
Lagu-lagu Ikonis Soundgarden Karya Chris Cornell Chris Cornell banyak menghasilkan karya, dan beberapa tergolong ikonis bagi mereka yang ingin mengenang atau mengetahui soal Cornell. (Kevin Winter/Getty Images for CBS Radio/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Soundgarden membawa Chris Cornell dikenal dunia. Band yang dibentuk pada 1984 oleh Cornell, Kim Thayil, dan Hiro Yamamoto adalah salah satu legenda musik grunge.

Band tersebut menjadi yang pertama dari genre musik underground Seattle yang berhasil masuk ke label besar.

Setelahnya, mereka membuka jalan bagi Nirvana, Pearl Jam, dan Alice in Chains yang kemudian mengubah lanskap musik dunia di dekade awal 90-an.

Chris Cornell banyak menghasilkan karya, dan beberapa tergolong ikonis bagi mereka yang ingin mengenang atau mengetahui soal Cornell, seperti dilansir dari Telegraph.


Rusty Cage (1992)

[Gambas:Youtube]

Lagu ini diliris pada April 1992 dan menjadi single dari album ke-tiga Soundgarden, Badmotorfinger. Lagu ini menjadi hit dan dirilis ulang dalam berbagai format.

Rusty Cage tercatat pernah dibawakan ulang oleh Johnny Cash pada 1996 dalam album Unchained. Dan album tersebut berhasil memenangkan sebuah Grammy untuk kategori Best Country Album.

Spoonman (1994)

[Gambas:Youtube]

Spoonman dirilis pada 15 Februari 1994 sebagai single pertama dari album ke-empat Soundgarden, Superunknown. Lagu ini kerap diidentikkan sebagai tanda dari Soundgarden masuk ranah musik arus utama.

Menurut Chris Cornell yang kala itu diwawancara oleh Request, lagu ini mengisahkan paradoks dari sosok sebenarnya sang musisi dan apa yang dianggap oleh masyarakat.

Fell on Blacks Day (1994)

[Gambas:Youtube]

Lagu ini masih dalam album Superunknown dan menjadi single ke-lima dari album tersebut. Lagu ini tercatat memuncaki tangga lagu Mainstream Rock Tracks dari Billboard.

Fell on Blacks Day pernah menjadi lagu latar serial Supernatural dalam episode Simon Said dan Southern Comfort. Selain itu, serial Vampire Diaries juga pernah menggunakan lagu ini.

The Day I Tried to Live (1994)

[Gambas:Youtube]

The Day I Tried to Live dirilis pada 18 April sebagai single ke-dua dari album Superunknown. Menurut Cornell ketika diwawancara oleh Rolling Stone kala itu, lagu ini mengisahkan perjuangan keluar dari rutinitas atas kesendirian.

Cornell mengaku ia kerap merasa terisolasi sendiri dan ia tengah mencoba menjadi orang normal pada umumnya dan mencoba berinteraksi dengan sosial di sekitarnya.

Black Hole Sun (1994)

[Gambas:Youtube]

Masih dalam album Superunknown, Black Hole Sun adalah single ke-tiga yang dirilis Soundgarden. Lagu ini memuncaki tangga lagu di tahun perilisannya.

Lagu ini selain menguasai tangga lagu, juga memenangi Grammy Awards 1995 untuk penghargaan Best Hard Rock Performance dan nominasi Grammy untuk Best Rock Song.