Adam West, 'Batman' versi 1960 Meninggal Dunia

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Minggu, 11/06/2017 10:15 WIB
Adam West, 'Batman' versi 1960 Meninggal Dunia Sang Batman versi dekade 60-an, Adam West meninggal dunia setelah sekian lama berjuang melawan kanker darah, leukemia. REUTERS/Phil McCarten
Jakarta, CNN Indonesia -- Adam West, aktor yang dikenal akan perannya sebagai Batman pada serial pahlawan tersebut di televisi era 1960-an meninggal dunia di usia 88 pada Jumat malam (10/6) waktu California.

Diberitakan AFP, aktor tersebut meninggal akibat penyakit leukemia. Keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diunggah di laman Facebook milik West.

West memerankan Bruce Wayne selama tiga musim sejak 1966 hingga 1968. Aktingnya banyak menjadi favorit lantaran menampilkan drama sekaligus humor satir yang menghibur.



Saat itu, serial tersebut masih menggunakan efek pop-art seperti di komik seperti ‘POW!’ dan ‘BAM!’.

Meski terkenal sebagai pemeran Batman, namun peran itu justru menjadi pembatan bagi West untuk lebih berkembang.

“Saya selalu hampir memerankan karakter besar, utama lainnya yang saya inginkan, namun saya selalu menjadi pilihan ke-dua atau ke-tiga,” kata aktor tersebut saat diwawancara media California, Orange County Register pada 1989.


“Seseorang akan selalu berkata, ‘hey apa yang Anda lakukan? Anda tidak dapat menempatkan Batman tidur bersama Faye Dunaway’,” kata West.

West lahir dengan nama William West Anderson di Walla Walla, Washington pada 1928 dan pindah ke Hollywood pada 1959.

West pernah terlibat dalam sejumlah acara televisi dan film, termasuk Dark-Knight yang membuat namanya melambung.

Meski tidak ada peran selanjutnya yang memberikan ketenaran sama seperti ‘Batman’, namun ia masih berkarya dengan mengisi suara dan sebagai cameo di beberapa program televisi.


Beberapa tahun terakhir, ia mengisi suara sebagai Mayor West di serial Family Guy.

“Dia adalah pahlawan sejati saya, tumbuh melihatnya sebagai Batman, dan saya mendapatkan keistimewaan bekerja dan menyutradarainya,” kata Seth Green yang bekerja bersama West di Family Guy.

“Dia baik dan selalu klasik. Sangat sedih memikirkan dunia tanpa Mayor yang kita cintai. Betapa beruntungnya kami atas apa yang telah ia tinggalkan,” lanjutnya.

Selama ini, West tinggal bersama istrinya, Marcelle, dan enam anak, lima cucu, dan dua cicit.