Drama-drama di Balik Kursi Ajang Penghargaan

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Sabtu, 06/01/2018 16:02 WIB
Siapa sangka di balik kursi para pesohor di ajang penghargaan, terdapat drama yang tak boleh tertangkap kamera? Ilustrasi: Posisi tempat duduk seperti acara Golden Globe amatlah penting, terutama untuk menjaga 'kedamaian' suasana. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malam penganugerahan prestisius Hollywood dilakukan tak sembarangan. Bukan hanya soal pemenang penghargaan ataupun pengisi acara, bahkan hingga urusan tempat duduk.

Seperti pada acara Golden Globe 2018 yang akan dilangsungkan pada Minggu (7/1) nanti waktu Amerika Serikat. Ada seseorang yang berpusing-pusing ria memilihkan tempat duduk sesuai untuk para bintang. Ia adalah Jenny Cooney, seorang jurnalis dari Australia.

Pemilihan lokasi tempat duduk sendiri amatlah penting untuk acara sekelas Golden Globe yang memiliki konsep duduk di meja bundar, besebelahan atau sekelompok dengan sesama selebriti lainnya.

Cooney sudah mulai mengatur tempat duduk di Golden Globe 2018 sejak nominasi diumumkan awal Desember 2017 lalu.


Sejak saat itu, Cooney yang bekerja sama dengan sembilan orang lainnya mulai menghubungi para tamu undangan untuk memastikan kehadiran mereka.

Meski sudah mengatur jauh-jauh hari, Cooney mengaku perubahan tempat duduk selalu terjadi bahkan hingga sesaat sebelum Golden Globe dimulai. Para pesohor selalu merasa memiliki kesempatan mengubah sesuai kehendak hati.

[Gambas:Instagram]

"Selalu ada perubahan di menit-menit akhir karena selebriti yang mendadak sakit atau pesawatnya tertunda dan membatalkan kehadiran," kata Cooney.

"Beberapa perubahan dibuat beberapa menit sebelum pintu ballroom dibuka untuk para undangan," lanjutnya.

Drama Menyusun Bangku

Posisi tempat duduk seperti acara Golden Globe amatlah penting, terutama untuk menjaga 'kedamaian' suasana.

Sebagai jurnalis, Cooney mengikuti perkembangan hubungan para pesohor Hollywood. Cooney memikirkan siapa yang akan duduk nyaman bila bersebelahan dengan siapa, atau akan berpotensi memicu drama.

"Kami tahu siapa yang memiliki hubungan yang berakhir buruk dengan lawan main mereka di TV sehingga kami memisahkan posisi mereka pada dua meja yang berjauhan," tutur Cooney.

Cooney pernah menerapkan hal ini saat memposisikan Brad Pitt, Angelina Jolie dan Jennifer Aniston. Mereka ditempatkan di dua sudut ruangan yang berbeda.

"Itu selalu membuat stres, ketika Jennifer Aniston dalam ruangan yang sama dengan Brad Pitt dan Angelina Jolie," kata Cooney.

"Tahun ini kami membayangkan jika Brad Pitt datang, bagaimana itu dapat diterima Angelina Jolie. Itu baik bagi penonton tapi mungkin tidak bagi sesama mantan kekasih," lanjutnya.

Sebaliknya menurut Cooney, jika ada dua bintang yang berpacaran namun terlibat dalam proyek berbeda dan ingin duduk bersama, ia dan timnya akan mengatur hal itu.

Bukan hanya soal hubungan, Cooney juga menerima banyak permintaan aneh dari para bintang. Misalnya makanan khusus vegetarian, atau letak tempat duduk yang dekat dengan toilet bagi ibu hamil.

[Gambas:Instagram]

Tahun lalu, aktris Teresa Palmer meminta tempat duduk dekat dengan pintu keluar agar bisa pergi setiap saat ketika hendak menyusui anaknya yang baru lahir.

Pernah pula, aktor ternama yang masuk nominasi justru meminta tempat duduk di bagian belakang agar bisa leluasa keluar untuk merokok.

Pengaturan tempat duduk ini kadang juga tak berjalan mulus. Bencana pernah datang beberapa tahun lalu ketika seorang aktor tak ingin duduk satu meja dengan aktor lainnya yang sudah ditentukan sebelumnya.

Cooney menyebut aktor itu mengancam tidak akan masuk jika aktor yang dimaksud tidak dipindahkan.

"Kami belajar dari kesalahan itu. Anda tidak akan melihat artis yang berseberangan dalam satu meja lagi," ujar Cooney dalam wawancara dengan Vogue.

Umumnya, pengaturan tempat duduk ini tak jauh berbeda dengan ajang penganugerahan lainnya seperti Academy Awards dan Grammy Awards. Walaupun, dua ajang bergengsi itu punya konsep tempat duduk yang berbeda dengan Golden Globe.
(end)