'In Memoriam' Oscar 2018 Lupakan Legenda 'Batman'

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 06/03/2018 15:56 WIB
'In Memoriam' Oscar 2018 Lupakan Legenda 'Batman' Adam West yang meninggal tahun lalu dilupakan di sesi 'In Memoriam' Oscar 2018. (Courtesy of NBC Television via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ajang Academy Awards 2018 tidak hanya memberikan penghargaan bagi sineas terbaik yang berkarya selama setahun terakhir. Ajang yang diselenggarakan Minggu (4/3) malam di Dolby Theatre, Los Angeles itu juga mengenang sineas yang wafat dalam sesi 'In Memoriam.'

Dalam gelaran Oscar tahun ini, segmen 'In Memoriam' diisi penampilan Eddie Vedder yang menyanyikan ulang lagu Room at the Top milik Tom Petty ditemani sebuah gitar. Di belakangnya, layar menampilkan nama serta foto sineas yang wafat selama setahun terakhir.

Sayangnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa nama yang masih luput dari sesi itu. Kali ini penyelenggara Oscar melupakan Adam West, aktor yang memerankan karakter Batman pada 1960-an. West meninggal 9 Juni tahun lalu pada usia 88 tahun.


[Gambas:Youtube]

Ia meninggal setelah diketahui menderita leukimia.

Bukan hanya menjadi Batman, West juga terlibat dalam film Stuart Little dan serial televisi Family Guy. Ia juga berperan di Chicken Little serta The Simpson.

Namun nama maupun foto West tak dipajang di video 'In Memoriam.' Beberapa sineas yang meninggal tahun lalu juga diabaikan, termasuk sutradara Texas Chainsaw Massacre Tobe Hooper dan pemenang Oscar Dorothy Malone. Tak ayal, kealpaan itu memancing kritik.


Mengutip NME, penyelenggara Oscar dianggap tidak menghargai karier West dan sineas lain.

"Sangat memalukan bahwa #Oscars melewatkan Adam West di bagian In Memoriam mereka," tulis akun @GothamsBatman89.

"Dia mendefinisikan ulang Batman, membintangi film Batman pertama dan merupakan bintang film sebelum itu. Dia benar-benar pantas berada di sana!" tambahnya menyertai alasan kekecewaannya.

"Kenapa Adam West dilewatkan dalam bagian In Memoriam? Jika bukan karenanya, kita tidak akan pernah memiliki Batman hari ini. Kontribusinya di dunia film dan TV tidak akan pernah dilupakan," tambah lainnya.





(rsa)