5 Penyanyi Cilik Tenar Era '90-an

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 15:09 WIB
Banyaknya lagu anak hit di era '90-an sampai awal 2000 membuat sejumlah penyanyi cilik bersinar di generasi itu, termasuk Joshua Suherman hingga Tina Toon. (Screenshot via Instagram/@dea_ananda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belantika musik Indonesia era '90-an turut diwarnai dengan lagu anak. Bukan sekadar menjadi pemanis, lagu anak berperan penting dalam industri musik. Terlebih ketika penyanyi anak berhasil menjadi ikon dan lagu yang mereka nyanyikan menjadi hit.

Seiring berjalannya waktu, keberadaan lagu anak kian terkikis secara perlahan. Tidak adanya regenerasi penyanyi cilik ikonis pun menyebabkan minimnya lagu anak yang diciptakan.

Keberadaan lagu anak berangsur membaik dengan kemunculan penyanyi cilik baru belakangan ini, seperti Romaria, Adyla Rafa Naura Ayu dan Saga Omar Nagata. Namun, mereka terbukti belum bisa membawa kembali kejayaan musik untuk anak, seperti yang terjadi beberapa dekade silam, termasuk era '90-an.



Berikut lima penyanyi lagu di era '90-an yang dirangkum CNNIndonesia.com:

Sherina Munaf

Nama Sherina Munaf perlahan menanjak setelah merilis album bertajuk Andai Aku Besar Nanti (1999). Dalam album itu, ia membawakan lagu gubahan komponis Elfa Secioria. Lagu Andai Aku Besar Nanti menjadi salah satu andalan.

Anak dari musisi yang kini menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, ini makin terkenal setelah membintangi film musikal anak bertajuk Petualangan Sherina (2000). Bersamaan dengan itu, ia merilis album bertajuk sama dengan film sebagai album lagu tema.


Sherina juga sempat tampil bareng Westlife dalam sebuah acara. Usai penampilan tersebut, ia pun berduet dengan boyband kondang asal Irlandia itu untuk merekam lagu I Have A Dream.

Sherina saat ini sibuk menjalani proses produksi film Wiro Sableng.

Sherina menjadi salah satu pemain film 'Wiro Sableng.'Sherina menjadi salah satu pemain film 'Wiro Sableng.' (Detikcom/Ismail)


Joshua Suherman

Joshua Suherman memulai karier sebagai penyanyi anak dengan merilis album Cit Cit Cuit (1995). Ia serius berkecimpung pada dunia tarik suara dengan merilis album Kapal Terbang (1997) dan Donat (1999).

Masa keemasan musisi kelahiran Surabaya ini terjadi pada 1999, ketika ia merilis album Air pada Agustus, dengan lagu bertajuk sama.

Lagu Air yang mengandung lirik 'diobok-obok' itu sangat hit di akhir era '90-an. Saking terkenalnya, sebagian pecinta musik menganggap 'diobok-obok' adalah judul lagu tersebut.

Joshua tak berhenti di situ. Ia melanjutkan karier bermusik dengan merilis album Doa Pagi Hari (1999), Lonjak Lonjak (2000) dan Jangan Tidur (2002).


Serupa dengan Sherina, Joshua melebarkan sayap dengan menjadi aktor. Terhitung ia dua kali membintangi dua film anak bertajuk Joshua Oh Joshua (2000) dan Petualangan 100 Jam (2004).

Kini, selain masih bernyanyi, Joshua juga sibuk berakting dan menjadi komedian stand-up comedy.

[Gambas:Instagram]

Tasya Kamila, Tina Toon dan Chikita Meidy... (Bersambung ke halaman selanjutnya) (res)
1 dari 2