Penjelasan Panitia Soal 'Lip Sync' di Pembukaan Asian Games

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 21:02 WIB
Penjelasan Panitia Soal 'Lip Sync' di Pembukaan Asian Games Music director Pembukaan Asian Games 2018, Ronald Steven menjelaskan penggunaan lip sync yang ramai dialamatkan kepada Via Vallen dan beberapa penampil. (INASGOC/Wahyudin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembukaan Asian Games 2018 yang sukses berlangsung pada Sabtu (18/8) menuai banyak pujian, namun sejumlah hal kini ramai dibahas yaitu teknik lip sync yang digunakan beberapa penampil dalam acara tersebut.

Penyanyi Via Vallen diketahui lip sync saat menyanyikan lagu tema Asian Games 2018, Meraih Bintang. Ia bahkan meminta maaf kepada seorang netizen yang mengkritiknya karena tampil dengan teknik lip sync.

"Mohon maaf yang sebesarnya jika mba kecewa karena saya lip sync. Sebenarnya saya pribadi juga kecewa waktu dikasih tahu harus lip sync. Karena saya pribadi memang enggak pernah percaya diri jika harus bernyanyi lip sync," kata Via dalam balasan di akun media sosial Instagram.


Ternyata bukan hanya Via, Rossa juga mengakui bernyanyi dengan teknik lip sync. Ia menjelaskan hal itu dengan membalas salah seorang yang bertanya kepadanya di kolom komentar di akun media sosial Instagram miliknya.


"Memang dibutuhkan untuk lip sync karena secara teknis tidak memungkinkan untuk nyanyi  live," tulis Rossa.

Music Director Opening Ceremony Asian Games 2018 Ronald Steven menjelaskan kepada CNNIndonesia.com bahwa setiap musisi yang tampil sebelumnya sudah merekam lagu yang akan dinyanyikan sebagai cadangan.

Lagu itu akan dipakai untuk lip sync bila terjadi hambatan ketika si musisi tampil di panggung yang disiarkan ke seluruh Asia tersebut.

Ronald menjelaskan salah satu hambatan yang paling mungkin terjadi dalam acara pada Sabtu malam lalu adalah tabrakan frekuensi sinyal antar penampil.

[Gambas:Instagram]

Sinyal mik tanpa kabel yang digunakan si penampil bisa bertabrakan dengan sinyal earpiece yang digunakan oleh kurang lebih 4.000 penari di acara tersebut.

"Bila kemarin Via Vallen lip sync, berarti pada saat itu sedang terjadi sesuatu. Mungkin pada saat itu konsultan kami, FiveCurrents, terpaksa menyarankan untuk memainkan playback (rekaman suara)," kata Ronald melalui sambungan telepon, Senin (20/9).

FiveCurrents merupakan konsultan teknis untuk acara langsung seperti pembukaan Asian Games 2018.  Konsultan ini sebelumnya terlibat dalam pembukaan Pembukaan Olimpiade dan Paralimpiade London 2014, Pembukaan Copa Amerika dan sejumlah pembukaan acara internasional lain.

Aksi Via Vallen saat di Pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8). Aksi Via Vallen saat di Pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Ronald mengatakan FiveCurrents memberikan saran untuk melakukan teknik lip sync jauh hari sebelum pembukaan berlangsung.

Bila pun tidak melakukan lip sync, suara rekaman tetap diputar dengan tidak mengeluarkan suara. Suara rekaman baru akan dikeluarkan bila ada kendala teknis terjadi.

Pun begitu dengan mixer suara yang diketahui ada dua unit yang digunakan pada Acara Pembukaan Asian Games 2018. Semua saluran suara yang diatur pada mixer pertama bisa dipindah ke mixer kedua bila ada kerusakan.

"FiveCurrents punya pengalaman puluhan tahun, belasan kali memegang acara Olimpiade dan banyak kejadian seperti itu (tabrakan frekuensi sinyal saat musisi bernyayi langsung). Maka dari itu mereka memberikan ide kepada kami," kata Ronald.


Ronald melanjutkan, "Untuk kebaikan bersama (panitia terima ide itu), daripada tidak cadangan sama sekali. Namun sekali lagi, keputusan itu tetap ada di tangan kami, panitia Indonesia."

Ronald menjelaskan setiap penyanyi sudah tahu kemungkinan mereka akan menyayi dengan teknik lip sync saat pembukaan. Menurut Steven, tidak ada penyanyi yang tidak setuju atau protes. Terlebih saat geladi resik, penyanyi latihan dengan langsung dan dengan teknik lip sync.

Meskipun begitu, tidak semua penyanyi yang tampil di Pembukaan Asian Games 2018 bernyanyi dengan teknik lip sync. Namun Ronald mengaku tidak tahu secara pasti penampil yang bernyanyi langsung dan yang lip sync.

"Sekarang warganet nyinyir karena Via Vallen lip sync. Tetapi sebenarnya untuk penonton lebih baik jika suara Via full dari awal sampai akhir, ketimbang tak ada sama sekali," kata Ronald.

"Via Vallen memang bisa nyanyi, tetapi banyak masalah teknis yang diluar keahlian kami (sehingga memutuskan harus lip sync)," kata Ronald Steven.

[Gambas:Youtube]


Catatan redaksi: Terdapat perubahan pada paragraf ke-11 dalam artikel ini, sebelumnya disebutkan bahwa FiveCurrents merupakan pembuat konten, padahal merupakan konsultan teknis. Terima kasih. (asa)