Iwan Fals Angkat Suara Soal Debat Capres Bahasa Inggris

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 10:28 WIB
Iwan Fals Angkat Suara Soal Debat Capres Bahasa Inggris Iwan Fals keberatan dengan permintaan kubu Prabowo-Sandiaga yang meminta debat capres dilakukan dengan bahasa Inggris. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Iwan Fals merespons pernyataan kubu pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menginginkan debat menggunakan bahasa Inggris. Respons itu ia sampaikan lewat akun media sosialnya.

"Yaaah jangan dong, saya gak ngerti," tulisan Iwan.

Dalam cuitan itu Iwan juga menyertakan sebuah foto yang memuat tulisan seperti judul berita tentang debat menggunakan bahasa Inggris. Dalam foto itu juga terlihat Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto.





Belakangan ini Iwan memang aktif berkicau lewat Twitter. Mulai dari isu hukum, politik sampai sepak bola ia komentari.

Bahkan Iwan sempat berkelakar tidak akan ikut pilpres karena takut menang. Pernyataan musisi berusia 57 tahun itu merupakan jawaban dari pertanyaan pengguna akun @HasrulRamdani.

"Ikutan nyapres aja om nanti..pasti seru lebih berwarna..:))," kicau akun itu.

Dengan singkat Iwan membalas kicauan itu, "Nggak ah, ntar menang."




Menoleh sedikit ke belakang, 2012 lalu nama Iwan sempat digadang-gadang sebagai Calon Presiden 2014. Kala itu Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan mengaku akan mengusung Iwan bila sang pelantun Bento bersedia.

Meski dekat dengan politik dan dianggap kritis melalui lagu-lagunya, Iwan tak pernah menyentuh kursi legislatif maupun eksekutif.

Kedekatan Iwan dengan politik membuat sebuah pertanyaan lain muncul, tentang dukungan sang musisi 56 tahun itu terhadap Presiden Joko Widodo, yang disampaikan akun @mawisevendry.

"Apakah om Iwan pendukung Jokowi?" ia bertanya polos.

Iwan menjawab, "Sebagai presiden ya iyalah, tapi sebagai peserta Pilpres sy dukung semuanya." (end)