FOTO: Falsafah Nyentrik dari Legenda Harry Roesli

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 15/09/2018 12:49 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Harry Roesli yang lahir di Bandung 10 September 1951 dan meninggal 11 Desember 2004 punya sejumlah falsafah hidup yang nyentrik dan jadi petuah bagi penerusnya.

Salah satu yang dikenang dari sosok Harry Roesli adalah kepeduliannya terhadap musisi jalanan. Bagi Harry, musisi jalanan adalah anak pintar namun tak terdidik. Sehingga, ia memutuskan untuk memberikan mereka ilmu sejak 1997 hingga akhir hayatnya. (dok. Pribadi)
Harry Roesli dikenal sebagai musisi yang kerap menyuarakan keadilan sosial dan tak sungkan menyisipkan kritik secara halus namun tepat mengena, terutama untuk penguasa. (dok. Pribadi)
Harry Roesli juga dikenal sebagai musisi yang amat produktif, baik ketika masih tergabung dalam ‘Gang of Harry Roesli’ ataupun sebagai solois. Ia menciptakan belasan album, puluhan lagu, kolom di surat kabar, hingga pementasan teater. (dok. Pribadi)
Lahir sebagai anak bungsu dari empat bersaudara, Harry Roesli sendiri yang memilih tak mau menjadi dokter, meninggalkan studi teknik mesin di ITB, dan memilih mendalami musik di IKJ. (dok. Pribadi)
Kepedulian Harry Roesli terhadap sesama amatlah tinggi. Ia, selain dikenal sebagai musisi nyentrik, unik, dan jenius, juga dikenal sebagai orang yang tak segan memberikan bantuan dan ilmu. (dok. Pribadi)
Harry Roesli diketahui membantu terlaksananya Opera Kecoa pada 2003 ketika Teater Koma dibungkam oleh penguasa. Dirinya juga menjadi pendorong para seniman teater menampilkan penampilan di tengah tekanan dari pemerintah. (dok. Pribadi)
Harry Roesli diketahui mempelajari musik hingga meraih doktoral dari Rotterdam Conservatorium, Belanda pada 1981 melalui beasiswa. Namun dirinya tetap menulis dan mengajarkan musik kepada para pengamen jalanan di Bandung. (dok. Pribadi)
Menurut Armand Maulana, Harry Roesli amat berperan dalam filosofi berseni musisi Bandung. Nyaris semua musisi di Kota Kembang pernah mendapatkan wejangan dan semangat dari Harry Roesli. (dok. Pribadi)