Baekhyun 'EXO' Catat Rekor Artis Solo K-Pop di Amerika

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/10/2018 18:25 WIB
Baekhyun 'EXO' Catat Rekor Artis Solo K-Pop di Amerika Baekhyun mencatat rekok baru untuk pencapaian artis solo K-Pop di Amerika Serikat. (Foto: dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Personel boyband EXO, Baekhyun baru saja menorehkan sejarah di kancah musik dunia. Tangga musik Amerika Serikat Billboard mengumumkan bahwa pemilik nama lengkap Byun Baekhyun ini membuat debut di posisi ke-84 di Artist 100.

Posisi tersebut merupakan capaian tertinggi yang pernah diperoleh musisi solo K-Pop.


Sebelumnya, hanya ada dua musisi solo K-Pop yang berhasil masuk ke dalam tangga musik itu. Di antaranya yakni Psy dengan mencapai posisi ke-88 dan anggota BTS J-HOPe di posisi ke-91 setelah merilis solo mixtape Hope World awal tahun ini.


Mengutip Soompi, Billboard Artist 100 merupakan tangga musik mingguan di AS yang mengukur popularitas artis dengan menganalisis sejumlah faktor termasuk konsumsi musik, penjualan, penyiaran radio, streaming, dan interaksi penggemar.

Tidak hanya dengan rekor tersebut, Baekhyun pun membuat pekan mengesankan dengan naik ke puncak Billboard Social 50 setelah sebelumnya berada di posisi ke-2. Capaian itu didapat setelah meraih peningkatan mengejutkan sebesar 1343 persen dari skor sebelumnya.


Bulan lalu, Baekhyun menduduki puncak tangga musik Korea Selatan dan internasional dengan lagu YOUNG, hasil kolaborasi dengan rapper Loco. Saat ini, YOUNG terikat dengan lagu solonya pada 2017, Take You Home, sebagai lagu terlaris Baekhyun di AS, di mana keduanya telah terjual lebih dari dua ribu eksemplar.

Baru-baru ini, bersama EXO, ia mengumumkan akan segera kembali dengan album studio kelima Don't Mess Up My Tempo. Dengan album yang bakal dirilis 2 November mendatang, EXO bakal tampil dengan formasi lengkap bersembilan.

(agn/rea)