Dituduh Jiplak Lagu, Nicki Minaj Resmi Digugat

CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 14:37 WIB
Dituduh Jiplak Lagu, Nicki Minaj Resmi Digugat Pelantun asli 'Baby Can I Hold You', Tracy Chapman resmi menggugat Nicki Minaj dan menyebut rapper wanita itu telah menjiplak lagu terkenal tersebut. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi folk Amerika Serikat Tracy Chapman resmi menggugat rapper Nicki Minaj secara hukum atas tuduhan penjiplakan.

Chapman menuduh Minaj menjiplak lagunya, Baby Can I Hold You yang hit pada 1988 untuk lagu baru sang rapper, Sorry. Chapman menuduh Minaj menjiplak lirik dan melodi lagunya tanpa izin.

Lagu Sorry sendiri awalnya merupakan karya Minaj untuk album terbarunya, 'Queen' yang rilis pada Agustus lalu. Namun lagu tersebut ditarik dari album sebelum dirilis.


Chapman yang merupakan peraih Grammy Awards tersebut mendaftarkan gugatan hukumnya atas kasus tersebut pada Senin (22/10).

Ia menyebut Minaj dan agensinya mengirimkan banyak permintaan kepada Chapman sejak Juni 2018, justru setelah lagu Sorry telah direkam.


Gugatan itu menyebutkan, meski Chapman telah menolak memberikan izin tersebut, Minaj yang bernama asli Onika Tanya Maraj ternyata membuat salinan lagu Sorry dan memberikannya kepada disjoki New York yang terkenal di sebuah stasiun radio.

Sang disjoki yang dikenal bernama Funkmaster Flex kemudian disebut memberikan cuplikan lagu itu di media sosialnya.

Gugatan itu juga mengatakan disjoki yang bernama asli Aston George Taylor itu juga diduga memutarkan lagu tersebut ke sejumlah platform lain, termasuk radionya.

Setelah gugatan diajukan, Minaj diminta untuk memberikan tanggapan atas tuduhan tersebut selama 21 hari setelah pengajuan. Namun hingga kini Minaj belum melakukannya.

Dalam sebuah kicauan di Twitter pada Juli lalu yang kini telah dihapus, Minaj menulis bahwa ada sebuah lagu dalam album terbarunya memiliki salah satu 'rapper terbesar sepanjang masa' namun dirinya "tidak tahu selain #TracyChapman." Pun dirinya meminta masukan dari penggemarnya.


Gugatan Chapman didasarkan pada kicauan tersebut. Chapman sendiri tak aktif di sosial media dan memilih tak mengumbar kehidupan pribadinya.

"Aksi ini diperlukan untuk memperbaiki ketidakacuhan Minaj dan pelanggaran yang disengaja terhadap hak Chapman di bawah Undang-undang Hak Cipta, dan untuk memastikan bahwa kesalahan itu tak terulang," kata gugatan tersebut.

"Minaj merampas hak Chapman dalam lagu tersebut dengan salah dan kesempatan untuk memilih apakah akan mengizinkan penggunaan komposisi," lanjut gugatan itu.

Baby Can I Hold You merupakan lagu yang ada dalam album debut Chapman dan menghasilkan banyak penghargaan terhadap musisi tersebut, termasuk piala Grammy Awards untuk Best Contemporary Folk Album dan nominasi Album of the Year pada 1989.

Chapman mengatakan lirik lagunya dan melodi suara digunakan lebih dari separuh bagian dari lagu Minaj, Sorry, dan mudah dikenali dan diidentifikasi sebagai lagunya.

[Gambas:Youtube] (end)