'Venom' Kuat Hadapi 'Fantastic Beast 2' di China

CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 11:43 WIB
'Venom' Kuat Hadapi 'Fantastic Beast 2' di China 'Venom' tetap bertahan di puncak box office China meskipun film 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald' telah mulai tayang di negara tersebut. (Dok. Sony Pictures Entertainment via youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- 'Venom' tetap kuat bertahan di puncak box office China meskipun film 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald' telah mulai tayang di negara tersebut.

Film tersebut berhasil mengumpulkan US$87 juta atau sekitar Rp1,2 triliun. Menurut analis industri tiket di Asia, Artisan Gateway, angka itu menambah pendapatan Venom menjadi US$187 juta atau Rp2,7 triliun di China.

Perolehan itu disebut sebagai pendapatan kedua tertinggi di China untuk kategori film superhero.


Capaian Venom ini bahkan disebut hampir merebut prestasi yang sempat ditorehkan film itu di pasar domestik Amerika Utara. Di sana, Venom mendapatkan US$210 juta.


Di sisi lain, membuntuti 'Venom', film 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald' berhasil mencetak angka US$34,8 juta di China atau setara dengan Rp508 miliar.

Dari angka tersebut, sebesar US$4,5 juta atau sekitar Rp65,6 miliar berasal dari penayangan 557 layar IMAX.

Meski mengalami rentang pendapatan cukup lebar, Variety mengabarkan, kedua film tersebut ditayangkan dalam jumlah layar yang tak jauh berbeda pada Jumat lalu.

Fantastic Beasts 2 dikabarkan tayang di 125 ribu penayangan, dan Venom diberikan jatah sebanyak 105 ribu kali penayangan.

Namun pada Sabtu, banyak bioskop pindah hati ke Venom lantaran dianggap lebih menguntungkan.


Di sisi lain, di akhir pekan debutnya, Fantastic Beasts: The Crime of Grindelwald berhasik meraih US$253 juta atau sekitar Rp3,6 triliun secara global.

Berdasarkan data box office terbaru, capaian Fantastic Beasts 2 tersebut berasal dari US$62 juta di pasar domestik Amerika Utara dan US$191 juta di pasar internasional.

Meski tercatat cukup besar, film ini dilaporkan Variety amat mengandalkan pasar internasional untuk mengembalikan modal bujet produksi yang cukup mahal sebesar US$200 juta.

Hal tersebut dikarenakan lesunya pasar domestik Amerika Utara, sehingga menyebabkan Fantastic Beasts 2 'hanya' memperoleh US$60 juta di akhir pekan pertamanya.

Capaian akhir pekan debut Fantastic Beasts 2 di pasar domestik tersebut lebih rendah dibandingkan seri prekuelnya, Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) yang mencapai US$74,4 juta menurut data Box Office Mojo.

[Gambas:Youtube] (tsy/end)