Dilecehkan, Aktris Eliza Dushku Dapat Rp138 M

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 10:31 WIB
Dilecehkan, Aktris Eliza Dushku Dapat Rp138 M CBS disebut mengeluarkan miliaran rupiah sebagai penyelesaian rahasia terkait pelecehan yang dialami Eliza Dushku. (Foto: Andrew Pons via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stasiun televisi CBS mengkonfirmasi berita yang menyebutkan mereka membayar $9,5 juta atau sekitar Rp138 miliar untuk menyelesaikan permasalahan pelecehan yang dialami oleh aktris Eliza Dushku dalam program populer Bull.

Peran Dushku dibatalkan dari Bull setelah wanita 37 tahun itu mengungkapkan perlakuan tak menyenangkan yang diterimanya dari aktor, produser dan sutradara Michael Weatherly, yang dikenal lewat perannya sebagai Anthony DiNozzo dalam serial NCIS.

The New York Times melaporkan bahwa sebenarnya Dushku direncanakan untuk terlibat penuh di serial Bull, namun perannya sebagai rekan pengacara Weatherly hanya berumur pendek, tiga episode pertama di musim satu.



Dalam laporan yang disusun pengacara Dushku, disebutkan perlakuan Weatherly kerap membuat Dushku merasa tak nyaman. Salah satunya, Weatherly mengucapkan 'lelucon pemerkosaan di depan kru dan para pemain lain'.

Di sebuah kesempatan lain, dalam salah satu adegan Dushku mengangkat tiga jari. Weatherly kemudian disebutnya menyarankan dirinya melakukan hubungan seksual bertiga dengan Weatherly dan seorang aktor lain.

Setelah perannya dibatalkan, Dushku melakukan mediasi dengan pihak CBS. Usul tersebut datang dari seorang pengacara CBS dengan anggapan hal tersebut dapat membantu kasus ini, namun justru menjadi bumerang.

Para penyidik CBS pun menyimpulkan, kegagalan mengenali pelecehan seperti yang terjadi menunjukkan adanya masalah yang lebih besar di jaringan televisi tersebut.


CBS kemudian menyatakan setuju memberi penyelesaian rahasia miliaran rupiah, yang disebut sejumlah yang didapat Dushku dalam hitungan episode utuh dalam satu musim.

Delapan bulan setelahnya, ketika investigator CBS mendekati Dushku, ia menolak berkomentar namun menyatakan, "Cerita saya adalah benar dan hal itu benar-benar mempengaruhi saya."

Belakangan ini, melalui tagar #MeToo yang populer di Twitter, semakin banyak terungkap seringnya terjadi pelecehan seksual di industri perfilman. Tidak hanya dialami oleh para aktris, hal itu juga dirasakan para aktor seperti James van der Beek. (rea)