Dhira Bongs 'Sampingkan' Bekraf untuk Tampil di SXSW 2019

CNN Indonesia | Jumat, 11/01/2019 19:43 WIB
Dhira Bongs 'Sampingkan' Bekraf untuk Tampil di SXSW 2019 Dhira Bongs. (Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kali ini giliran solois Dhira Bongs yang berkesempatan tampil di festival musik South By South West (SXSW) 2019, Austin, Texas, Amerika Serikat. Ia dipastikan akan tampil antara tanggal 8 sampai 17 Maret mendatang setelah diumumkan lewat situs resmi SXSW.

"Dia telah berjuang sendiri di semua tahapan produksi dan semangat kemandirian membuatnya menjadi arranger, komponis, pengarah musik dan produser musik untuk album-albumnya," tulis situs SXSW.

Proses yang dilalui musisi kelahiran 1993 ini untuk tampil di SXSW 2019 tidak pendek. Ia telah mendaftar sejak pertengahan tahun 2018 secara daring dengan mengunggah lagu dan video musik.


Baru pada bulan Desember ia mendapat respons dari SXSW. Alih-alih terseleksi, saat itu Dhira masih menjadi salah satu kandidat musisi yang dipantau. Pun ia mengabaikan respons tersebut.


"Akhirnya, sekitar tiga hari menjelang tahun baru, dapat kabar lagi kalau Dhira Bongs lolos proses seleksi dan akan tampil di SXSW 2019,'' kata Dhira kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon.

Sampai saat ini, Dhira telah merilis dua album bertajuk My Precious (2013) dan Head Over Heels (2016). Lewat dua album itu ia mengusung genre pop, meski ada beberapa lagu yang terasa RnB. Tahun lalu ia merilis single bertajuk Jangan Tumbuh.

Dhira bergerak mencari sponsor setelah lolos seleksi SXSW 2019. Setidaknya ia butuh dana transportasi dan akomodasi untuk tiga orang yang terdiri dari dirinya sendiri, pemain tambahan dan manajer.

"Gue mengajukan sponsor ke salah satu perusahaan. Bisa ngajuin ke sana karena teman gue salah satu inisiator perusahaan itu," kata Dhira.

[Gambas:Youtube]

Musisi asal Kota Kembang ini belum bisa menyebutkan perusahaan yang ia maksud, karena belum pasti. Ia berjanji akan menjelaskan bentuk dukungan dari perusahaan tersebut bila sudah pasti.

Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sebenarnya tidak tutup mata untuk membantu musisi Indonesia agar bisa tampil di luar negeri. Telebih Bekraf menjalin kerja sama resmi dengan SXSW.

Dhira sendiri bisa saja meminta bantuan dari Bekraf, namun ia belum lakukan. Pasalnya ia pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan dengan lembaga yang dipimpin Triawan Munaf itu.

"Gue sempat ajukan bantuan ke Bekraf untuk tur Jepang akhir tahun 2017, tapi mereka telat respons. Jadi gue secara personal sudah mikir untuk ajukan ke pihak lain dulu," kata Dhira.


Saat ini Dhira sudah mengatur rencana agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Ia membutuhkan tiga pemain tambahan saat tampil langsung.

Untuk tampil di SXSW, ia membawa satu pemain tambahan dari Indonesia dan dua pemain tambahan lain dari Amerika.

Dhira bisa mengetahui dua pemain tambahan itu dari temannya yang berkuliah di Austin. Ia yakin biaya akomodasi dan transportasi lebih murah dengan menggunakan pemain tambahan dari Amerika Serikat.

"Gue butuh pemain tambahan itu buat ningkatin performa gua juga karena mau tampil maksimal. Kan mau bawa nama negara," kata Dhira

Dihubungi terpisah, Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik mengetahui kabar Dhira yang terseleksi SXSW 2019. Ia dan tim Bekraf yang mengurus SXSW belum menghubungi Dhira terkait bantuan karena masih menanti surat resmi dari SXSW.

Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)

Ia menjelaskan setiap tahun sejak tahun 2017 SXSW mengirimkan surat resmi berisikan daftar musisi dan film yang tampil di salah satu festival musik tertua dunia itu. Ia memperkirakan surat tersebut akan dikirim dalam kurun waktu bulan Januari.

"Kemungkinan bidang musik bukan hanya Dhira yang terpilih. Nanti kalau sudah semua, baru dihubungi bareng-bareng enaknya bagaimana. Sebenarnya dari awal tidak ada keharusan untuk didukung Bekraf atau enggak," kata Ricky.

Ricky sendiri tidak mempermasalahkan bila Dhira atau musisi lain yang terpilih nanti menerima bantuan dari pihak swasta untuk berangkat ke SXSW. Musisi tersebut masih bisa menerima bantuan dari Bekraf asalkan pada bagian yang berbeda.

Ia mencontohkan dengan musisi yang menerima bantuan dari Bekraf untuk transportasi dan menerima bantuan dari pihak swasta untuk akomodasi. Menurut Ricky, bantuan dari dua pihak lebih baik ketimbang hanya dari satu pihak.


"Yang tidak bisa itu kalau membantu di bagian yang sama, misal Bekraf dan swasta sama-sama bantu di transportasi. Kami bisa dikira korupsi kalau begitu," kata Ricky.

Dhira sendiri sebenarnya belum menutup pintu hati untuk meminta bantuan dari Bekraf. Ia hanya ingin berusaha meminta bantuan dari pihak terdekatnya lebih dulu.

"Untuk saat ini bener-bener belum ada rencana minta bantuan ke Bekraf. Gue benar-benar masih mau maksimalin ke pihak lain. Kalau benar-benar enggak cukup, mungkin gua akan minta bantuan ke Bekraf," kata Dhira. (adp/end)