Museum Brasil Adakan Pameran Pertama Sejak Terbakar

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 09:43 WIB
Museum Brasil Adakan Pameran Pertama Sejak Terbakar Pameran fosil pterodactyl Museum Nasional Brasil. (Mauro Pimentel / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Museum Nasional Brasil kembali bangkit dari insiden kebakaran hebat yang terjadi pada beberapa bulan lalu. Kali ini, museum tersebut mengadakan pameran untuk pertama kalinya sejak insiden.

Pameran tersebut menampilkan temuan fosil di Antartika yang dipajang di the Palace of the House, bagian dari Museum Nasional Brasil, sejak Senin (14/1).

Fosil yang dipajang merupakan bagian dari pterodactyl. Pihak museum mengatakan temuan ini merupakan bukti pertama dari spesies reptil raksasa itu dari era Jurassic yang ditemukan di benua paling selatan Bumi tersebut.



Fosil tulang dan sejumlah temuan lainnya yang dipamerkan telah menjalani sejumlah penelitian pada kebakaran 2 September 2017 lalu terjadi dan memusnahkan sebagian besar koleksi Museum Nasional.

Direktur Museum Brasil, Alexander Kellner.Direktur Museum Brasil, Alexander Kellner memamerkan koleksi fosil. (Mauro Pimentel / AFP)


Dari insiden nahas tersebut, delapan potong ditemukan dari puing-puing gosong museum.

Pameran berisi 160 potong tersebut harus disusun dengan menggunakan fosil lainnya yang dikumpulkan dari daerah lain.


Direktur Museum Nasional Brasil, Alexander Kellner mengatakan kepada media bahwa pameran tersebut merupakan "bukti besar bahwa museum masih hidup dan beroperasi dengan barang yang ada."

Museum Nasional Brasil yang telah didirikan sejak 200 tahun lalu merupakan museum sejarah alam utama di kawasan Amerika Latin dan dikenal dengan departemen paleontologi serta 26 ribu fosil. (end)