Kanye West Ingin Bebas dari 'Ikatan' dengan Label

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 01/02/2019 10:35 WIB
Kanye West Ingin Bebas dari 'Ikatan' dengan Label Kanye West membuat gugatan baru kepada labelnya dan menyatakan ingin bebas dari ikatan dengan kewajiban kontrak dari label. (REUTERS/Jim Young)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kanye West memperbarui tuntutannya terhadap labelnya sendiri, EMI Music Publishing dan Roc-A-Fella Records. Dalam pembaruan tersebut, ia menyebut ingin bebas dari kewajiban dalam kontrak dengan label.

Dalam dokumen terbaru itu, yang diunggah oleh TMZ, suami Kim Kardashian ini mengatakan bahwa kontrak dan kesepakatan dengan EMI menghasilkan "perbudakan" dan ia menyebut ingin "bebas dari ikatan tersebut".

Dokumen itu mengklaim bahwa kesepakatan Kanye dengan EMI pada 2003 tidak menyebut secara detail terkait batasan waktu dan ini membuatnya tidak valid.


Di California, kontrak dengan jasa personal tidak dapat melebihi dari tujuh tahun karena akan dianggap sebagai "perbudakan".


Atas dasar hal tersebut, Kanye West meminta hakim untuk mengakhiri kontrak dia dengan EMI pada 2010. Bila dikabulkan, maka akan memberikan Kanye hak seutuhnya dari sejumlah album musisi tersebut.

Sejumlah album itu adalah 'My Beautiful Dark Twisted Fantasy', 'Yeezus', 'Life of Pablo', 'Ye', kolaborasinya dengan Jay-Z 'Watch the Throne', serta 'Kids See Ghosts' dengan Kid Cudi. Bukan hanya album, sejumlah kolaborasi dan single juga bisa dimiliki oleh Kanye.

Gugatan terbaru ini diajukan Kanye West melawan EMI Music Publishing yang kini dimiliki oleh Sony/ATV dan Roc-A-Fella Records yang jadi bagian dari Universal Music Group, serta Def Jam Records.

Pada Oktober lalu, Kanye West mengatakan dirinya berusaha untuk membeli semua rilisannya dari Sony/ATV Music dan ditolak.


"Saya punya uang untuk membeli kembali rilisan saya," kata West dalam sebuah video yang diunggah kala itu.

"Dan mereka mengatakan kepada saya bahwa saya tidak dapat membeli rilisan saya. Ini seperti mengambil kendali," lanjutnya.

Variety menyebutkan, meski kesepakatan kontraknya tidak dipublikasikan, kesepakatan rilisan musik biasanya tidak mengizinkan sang musisi dengan mudah membeli kembali rilisan mereka kapan pun yang diinginkan.

Kanye West sendiri tak segera memberikan tanggapan atas beredarnya dokumen yang menyebutkan dia ingin bebas dari kontrak dengan label. (end)