Cerita 'Tobat' Christie, Mantan Fan K-Pop

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Minggu, 03/02/2019 15:20 WIB
Ilustrasi penggemar SUJU. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Christie baru saja selesai mengerjakan pekerjaannya di hari itu, kala bertemu dengan CNNIndonesia.com di sebuah sore pada Januari 2019. Christie bersedia mengisahkan 'pertobatan' dirinya dari dunia K-Pop.

"Jadi ya, dulu gue nge-fan banget sama SUJU dan BIGBANG. Angkatan [K-Popers] lama gue," kata Christie.

"Gue suka BIGBANG karena musiknya. Kalau SUJU gara-gara Leeteuk lucu," katanya.


Christie mengenang momen-momen sebelum 2014 datang. Kala dirinya masih menggandrungi dua boyband legendaris asal Korea tersebut dan berteriak bangga menyandang status sebagai K-Popers, terutama sebagai ELF alias fan SUJU dan VIP alias fans BIGBANG.

Seorang fan K-Pop disebut angkatan lama ketika sudah menyukai musisi asal Negeri Gingseng Korea kala gelombang budaya Korea alias hallyu mulai menginvasi Asia di era dekade awal milenium.

Super Junior dan BIGBANG dikenal sebagai salah satu generasi awal dari gelombang Korea yang mengglobal. Super Junior dibentuk pada 2005, sedangkan BIGBANG pada 2006. Sebelumnya, sudah ada TVXQ pada 2003, dan SS501 yang dianggap sebagai terobosan K-Pop era modern.


Pada 2010, kala Christie mulai menyukai K-Pop, ia duduk di bangku kelas 3 SMA. Kala dirinya sudah duduk di bangku kuliah dan tinggal lepas dari orang tua, kegilaannya akan K-Pop semakin menjadi.

"Gue bangga jadi K-Popers dulu karena euforianya tidak se-ekstrem sekarang. Dulu susah cari merchandise. Lagu aja sudah download-nya," kata Christie.

Kala ditanya terkait pernak-pernik yang ia miliki, ia menjawab: "Sebutin apa yang lo mau. Light stick, poster, photocard yang sebenarnya gue juga enggak mengerti buat apa padahal bisa di-print sendiri sebenarnya," katanya.

"Gue beli Rp300 ribuan itu [photocard]. Isinya BIGBANG," lanjutnya.

Christie mengakui dirinya lebih cenderung seorang VIP. Koleksinya lebih banyak soal BIGBANG, termasuk sederet poster yang memenuhi setiap sentimeter dinding kamarnya dan ia sebut sebagai "Wall of Fame".

[Gambas:Instagram]

Belum lagi ada foto besar Leeteuk 'SUJU' yang terpasang mengarah ke tempat tidurnya. "Jadi pas gue melek, dia yang gue lihat," kata Christie sambil tertawa.

Album BIGBANG pun selalu ia ikuti. Ia bahkan membeli album BIGBANG baik edisi untuk Korea juga Jepang meski kemudian menyesal karena tak mengerti alasan membeli album yang sama.

"Gue enggak menghitung habis berapa sebulan. Di atas sejuta [rupiah] pasti. Albumnya saja di atas Rp300 ribuan, belum photocard, belum light stick walau cuma sekali beli, dan lain-lain," kata Christie kala mengenang pengeluarannya sebagai mahasiswa untuk K-Pop pada era 2011-an.

Photocard merupakan sejenis pernak-pernik berisi kumpulan foto idola yang dibuat seperti kartu. Fungsinya, sebagai koleksi atau untuk saling tukar dengan sesama fan.

Sedangkan light stick merupakan 'senjata' wajib bagi K-Popers kala menghadiri konser idolanya. Masing-masing idola memiliki desain light stick dan warna yang berbeda sebagai 'identitas' dari fan sang idola. Maka wajar, hampir semua K-Popers memiliki, minimal, sebuah light stick.


Kala itu, Christie mengaku masih mendapatkan uang saku dari orang tuanya sebesar Rp3 jutaan per bulan. Sepertiganya sudah habis untuk segala pernak-pernik K-Pop. "Cukup sih waktu itu. Gue kan enggak hedon [berfoya-foya] di tempat lain," bela Christie lalu tertawa.

'Bertemu' Donghae di Hotel

Kegilaan Christie belum berhenti. Ia mengisahkan pernah mengejar Super Junior kala pertama kali datang ke Indonesia melalui konser musik Korea pertama di Indonesia, Korean Idols Music Concert Hosted in Indonesia (KIMCHI) 2011.

Kala itu, Super Junior yang menjadi bintang utama konser di Istora itu diketahui menginap di salah satu hotel bintang lima di kawasan Senayan.

Christie pun memutuskan ikut menginap di hotel itu meski harus merogoh kocek Rp1,5 juta per malam untuk sebuah kamar berisi ranjang ganda. Untungnya, dia patungan bersama dua ELF lainnya.

Cerita Christie bertemu Donghae 'SUJU' berlanjut di halaman selanjutnya.. (end)
1 dari 2