James Brown Dicurigai Dibunuh

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 12:33 WIB
James Brown Dicurigai Dibunuh James Brown, 'The Godfather of Soul'. (Foto: REUTERS/Norman L. Hunter/Ebony Collection/Johnson Publishing/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda musik soul James Brown yang meninggal di pagi Natal tahun 2006, setelah dilarikan ke Emory Crawford Long Hospital di Atlanta karena pneumonia.

Kini, CNN menyebutkan bahwa Brown kemungkinan dibunuh.

Investigasi yang dimulai sendiri oleh CNN itu mencurigai kemungkinan Brown tidak meninggal karena sakit. Kesimpulan tersebut didapat setelah wawancara mendetail yang melibatkan 140 orang, dengan ratusan ribu halaman yang menunjukkan rekaman dari polisi dan pengadilan serta tes forensik, dan 1,300 halaman kopian pesan teks.


Penyelidikan dimulai pada 2017 lalu, setelah seorang reporter CNN dikontak oleh seorang penyanyi yang berkata ia memiliki informasi seputar kematian Brown. Jacque Hollander kemudian menyatakan dirinya dan Brown pernah bekerja bersama di tahun 1980-an.


Di saat bersamaan, Hollander menuduh Brown memperkosanya pada 1988. Brown tidak pernah terbukti bersalah, namun Hollander mengatakan dirinya menyimpan berbagai dokumen, rekaman dan lebih banyak bukti terkait.

Pada 1995, Hollander juga menjalani tes polygraoh dengan seorang agen FBI terkait tuduhannya itu.

Subyek kunci dari kecurigaan ini adalah Dr. Marvin Crawford, yang menandatangani sertifikat kematian Brown di Atlanta. Pernyataan sang dokter dalam laporannya adalah, "Dia [Brown] selalu curiga ada permainan busuk [terhadapnya]."

Angkat bicara dalam wawancara dengan CNN, dokter wanita itu mengungkapkan, "Dia [Brown] berubah terlalu cepat. Dia adalah pasien yang tak pernah bisa saya prediksi jika berusaha memberitahu kode-kode... Tetapi dia meninggal malam itu, dan saya bertanya-tanya 'Apa yang salah di ruangan [tempat Brown dirawat] itu?'"


Crawford menambahkan bahwa ia merekomendasikan Brown untuk diautopsi, namun ditolak oleh sang putri, Yamma.

Ketika CNN berusaha menghubungi Yamma Brown, dirinya dilaporkan tak memberi tanggapan apa-apa. Dalam usaha investigasi lebih lanjut, putri Brown lainnya, Deanna Brown Thomas pun juga dikontak. Thomas, yang pernah menduga jasad ayahnya tidak ada dalam peti, juga tak menyangkal maupun mengiyakan laporan tersebut.

Investigasi itu disebut terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, mengenai keterlibatan Hollander secara detail, yang kedua adalah persamaan kematian Brown dan istri ketiganya Adrienne, serta di bagian ketiga, mempertanyakan 15 pertanyaan seputar kematian Brown, termasuk adanya sebuah tas misterius, catatan yang ditulis tangan dan seorang pria yang dipanggil sebagai Ghost.


James Brown adalah seorang penyanyi gereja yang akhirnya mengubah warna musik dunia dengan musik, vokal dan gayanya di atas panggung. Ia kerap disebut sebagai Godfather of Soul dan berkarier selama 50 tahun lebih, memberi pengaruh amat besar terhadap banyak penyanyi generasi lain.

Sepanjang hidupnya, Brown telah memiliki 62 album studio, tampil di puluhan film dan dokumentasi, bahkan hadir dalam bentuk gim. (rea)