FOTO: Bertandang ke Museum Nike Ardilla

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 15:08 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah rumah di Cipamokolan, Bandung, menjadi monumen abadi kenangan akan Nike Ardilla yang meninggal 19 Maret 1995 di usia 19 tahun.

Mobil Jeep CJ7 berwarna putih dengan plat nomor D 11 LA terparkir di teras rumah yang beralamat Jalan Aria Timur 1 Nomor 5, Cipamokolan, Rancasari, Bandung. Mobil tersebut merupakan milik Nike Ardilla. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Rumah tersebut merupakan kediaman yang sempat dihuni oleh Nike Ardilla. Kini, pihak keluarga membangun sebuah museum di lantai dua rumah tersebut. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Keluarga membangun museum kurang lebih seluas 12 x 10 meter di lantai dua. Museum bisa diakses menggunakan tangga dekat teras tanpa perlu masuk ke dalam rumah utama. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Museum itu dibagi menjadi dua ruangan, ruang utama dan ruang replika kamar Nike. Di tengah ruang utama terdapat lemari kaca yang berisikan sejumlah piala penghargaan. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Di setiap sisi dinding ruang utama terpampang berbagai barang, foto Nike Ardilla dan penghargaan. Ada pula sejumlah pakaian yang pernah digunakan pelantun 'Seberkas Sinar' tersebut. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Nike Ardilla lahir pada 27 Desember 1975. Sepanjang hidupnya selama 19 tahun, ia tergolong berbakat sejak kecil dengan seringkali memenangkan perlombaan menyanyi. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Museum ini juga menampilkan berbagai barang pemberian penggemar Nike Ardilla, salah satunya patung berbentuk sang biduan. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Kini, museum tersebut dikelola oleh kakak Nike Ardilla, Raden Alan Yudi. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Sepanjang hidupnya, Nike Ardilla telah menelurkan 12 album, yang terdiri dari 1 album kompilasi, 1 album tunda rilis, 1 album anumerta, dan 9 album solo. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Museum tersebut juga menyimpan sepotong kenangan pahit kala Nike Ardilla meninggal dunia pada 19 Maret 1995, yaitu pintu kanan mobil Honda Civic Genio berplat D 27 AK yang ringsek. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Nike Ardilla meninggal dunia pada Minggu, 19 Maret 1995 akibat kecelakaan di Jalan Riau, atau kini Jalan R.E. Martadinata, Bandung, pada pukul 05.00 WIB. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Pihak keluarga juga membangun replika kamar Nike Ardilla semasa hidup, dengan ukuran yang mendekati aslinya. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Barang-barang dalam ruangan replika tersebut juga merupakan asli milik Nike Ardilla. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Ada banyak foto di Museum Nike Ardilla, salah satunya sejumlah bukti persahabatan sang legenda dengan musisi Melly Goeslaw. (CNN Indonesia/M Andika Putra)