Netflix Dikabarkan Bakal Beli Bioskop Bersejarah di Hollywood

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 08:30 WIB
Netflix Dikabarkan Bakal Beli Bioskop Bersejarah di Hollywood Netflix disebut akan membeli Egyptian Theatre di Hollywood. (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netflix diberitakan akan membeli Egyptian Theatre. Sumber yang mengaku tahu informasi tersebut mengatakan pada Selasa (9/4), seperti dikutip dari kantor berita Reuters.

Diprediksi, penyedia layanan streaming yang saat ini dominan di dunia itu akan menggunakan Egyptian Theatre untuk menayangkan secara perdana film-filmnya, juga menggelar kegiatan lain. Diketahui Netflix semakin banyak memproduksi film maupun serial orisinal.

Selama ini Netflix masih dalam posisi yang tidak terlalu 'akur' dengan bioskop. Mereka menolak praktik tradisional di industri film untuk menayangkan karya eksklusif di bioskop.



Bioskop meminta film-film Netflix tayang eksklusif di mereka setidaknya selama 90 hari. Namun Netflix selalu merilis film-film itu di hari yang sama di layanan streaming-nya, atau hanya beberapa pekan setelahnya. Itu pun membuat penontonnya di bioskop menipis.

Dengan memiliki bioskop sendiri, Netflix bakal punya hak bulat atas film-film produksinya.

Egyptian Theatre sendiri merupakan sebuah bioskop legendaris dan bersejarah yang berada di jantung Hollywood. Mengutip Reuters, ia didirikan pada 1922. Film pertama yang ditayangkan di sana adalah Robin Hood yang dibintangi oleh Douglas Fairbanks.


Saat ini hak kepemilikan bioskop itu masih ada di tangan American Cinematheque, sebuah lembaga nonprofit. Film-film yang tayang di sana adalah karya klasik. Bioskop itu juga masih punya program-program khusus pencinta film saat akhir pekan.

Hingga berita ini diturunkan, American Cinematheque belum berkomentar apa pun. Netflix juga belum mengonfirmasi apa pun terkait kabar itu.

Film-film orisinal Netflix termasuk Beasts of No Nation dan Bird Box.

[Gambas:Video CNN] (rsa)