Ribuan Orang 'Rayakan' Hidup Mendiang Nipsey Hussle

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 12:27 WIB
Ribuan Orang 'Rayakan' Hidup Mendiang Nipsey Hussle Nipsey Hussle disebut telah menyentuh hidup banyak orang. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keluarga rapper Nipsey Hussle yang tewas tertembak pada 31 Maret lalu di depan toko pakaiannya, Marathon Clothing Company di Hyde Park, tak dapat menahan haru dalam acara mengenang kehidupan Hussle, Kamis (11/4).

Acara bertajuk 'Nipsey Hussle's Celebration of Life' digelar di Los Angeles, dan ditayangkan langsung oleh TIDAL serta CBS News. Banyak nama-nama besar terlibat di dalamnya, mulai dari memberikan penampilan di atas panggung, sampai menulis surat seperti yang dilakukan mantan presiden Barack Obama.

"Saya belum pernah bertemu Nipsey Hussle," kata Obama dalam surat yang dibacakan oleh seorang kawan Hussle, Karen Civil.


"Tetapi saya mendengar musiknya melalui putri-putri saya, dan setelah ia meninggal, saya berkesempatan untuk belajar tentang transformasi dan komunitasnya," lanjut Obama.




Sederet penampil memberi penghormatan dari atas panggung, mulai Jhene Aiko, Anthony Hamilton, Marsha Ambrosius, sampai musisi senior Stevie Wonder yang namanya masuk dalam lirik lagu Hussle yang berjudul 'Ocean Views'.

"Saya sangat senang bahwa dalam hidupnya yang pendek, Hussle bisa memotivasi orang lain dan saya harap hal itu cukup untuk memotivasi Anda untuk berani berkata, 'dengar, sudah cukup orang yang terbunuh karena senjata api dan kekerasan'," kata Wonder yang membawakan lagu 'Rocket Love' yang disebut sebagai kesukaan Hussle.



Lebih banyak penghargaan disampaikan secara tertulis, misalnya oleh Kendrick Lamar yang menulis surat panjang tentang Hussle. Lamar dan Hussle pernah berkolaborasi dalam 'Dedication' yang termuat dalam album nomine Grammy Award 'Victory Lap'.

Snoop Dogg, politisi Louis Farrakhan, atlet basket Russel Westbrook, LeBron James dan James Harden, serta kekasih Hussle, Lauren London juga mendapat kesempatan mengenang mendiang. Musisi Jay Z tak tampak di acara ini, namun ia disebut mendatangi upacara privat keluarga Hussle di Angelus Funeral Home, Rabu (10/4).


Tiket untuk acara mengingat dan mengenang hidup Hussle ini terjual habis hanya dalam hitungan menit, dilaporkan oleh NME. Beberapa orang menjual kembali tiket-tiket tersebut dengan harga mencapai $500 atau setara Rp7 juta.

Menurut CBS News, Hussle akan dimakamkan di Forest Lawn. Wali kota Los Angeles Marqueece Harris-Dawson menyebut rapper tersebut sebagai 'pahlawan Pantai Barat'.

Hussle kerap disebut sebagai Tupac Shakur kedua, meski kehidupan keduanya tidak sama persis. Hussle, 33 tahun, tumbuh besar di lingkungan penuh kekerasan dan narkoba. Ia tidak menyelesaikan sekolahnya, memilih untuk bergabung dengan kelompok jalanan.

Di pertengahan tahun 2000-an, Ermias Joseph Asghedom alias Nipsey Hussle, mulai dikenal berkat sejumlah mixtape antara lain 'Bullets Ain't Got No Name', 'The Marathon', 'The Marathon Continues' dan 'Crenshaw', yang dibeli Jay Z sebanyak 100 kopi. Pada Februari 2018, ia merilis debut 'Victory Lap' yang langsung meraih sukses besar.

Hussle menjadi pahlawan bagi banyak orang lantaran ia tak pernah melupakan komunitasnya. Ia membangun pusat pelatihan untuk anak-anak, pusat pembelajaran dan menyediakan tempat bekerja yang boleh digunakan oleh siapapun yang membutuhkan. Hussle disebut tak pernah menghitung waktu, uang dan tenaga yang diberikannya kepada sesama.

[Gambas:Video CNN] (rea)