Sportif dan Rajut Persaudaraan, Pesan Iwan Fals Usai Pemilu

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 16:16 WIB
Sportif dan Rajut Persaudaraan, Pesan Iwan Fals Usai Pemilu Musikus Iwan Fals. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) dekat kediamannya di Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, musisi Virgiawan Listanto atau kerap disapa Iwan Fals berharap segala perselisihan yang terjadi sebelum Pemilu 2019 berakhir. Dia menginginkan siapapun yang terpilih menepati janji dan keretakan hubungan gara-gara pandangan politik bisa sirna.

"Yang terpilih harus memenuhi janji pastinya dong, sportivitas, situasi dapat normal dan damai. Saya sempat baca itu kadang keluarga bisa pecah [karena Pemilu]. Nah yang tadinya begini, saya berharap bisa kembali seperti biasa," kata Iwan kepada CNNIndonesia.com, Rabu (17/4).
Secara keseluruhan, Iwan menilai jalannya Pemilu 2019 sudah sesuai. Dia hanya mengeluhkan persoalan teknis seperti surat suara yang terlampau besar sehingga menghabiskan banyak waktu.

"Saya sendiri secara pribadi melihatnya lebih rileks, santai, banyak bercanda. Apalagi dengan akses media sosial, kita bisa lihat ada yang marah, lalu ada yang meredam secara alamiah, ada yang ngingetin," tutur Iwan.


Dia menambahkan kondisi saat ini pun dinilai sudah lebih baik. Menurut dia masyarakat sudah mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi dan siap atas situasi atau kondisi yang terjadi.

"Mungkin elite yang lebih tegang karena hadap-hadapan langsung, tapi kalau masyarakat jadi semacam hiburan politik itu. Hiburan gratis. Walaupun enggak bisa main-main, tapi menyikapi dari media sosial itu lebih rileks dan menjanjikan sebenarnya untuk ngomong demokrasi, ngomong Pancasila, bahkan keberagaman lebih rileks," tambah musisi berusia 61 tahun itu.
Istri Iwan, Rosana, yang ikut mendampingi pun memberikan pendapatnya secara pribadi terkait situasi politik kali ini. Menurutnya, siapapun yang terpilih merupakan atas izin Tuhan dan jika ditemukan kecurangan diharapkan dapat selesai berdasarkan hukum yang berlaku.

"Kalau ada yang enggak bener, kan ada aturan yang bisa kita tempuh dengan baik-baik," kata wanita yang kerap disapa Yos ini.

"Kalau ada masalah ya selesaikan dengan hukum. Jangan hukum rimba ya," sahut Iwan.

Iwan Fals memberikan hak pilihnya di TPS terdekat bersama sang istri Rossana dan putri semata wayangnya, Annisa Cikal Rambu Bassae, pada siang tadi. Setibanya di TPS, sosok musisi pelantun lagu Pesawat Tempur ini langsung disambut oleh warga sekitar serta para petugas KPPS. Mereka saling bersalaman hingga foto bersama.

[Gambas:Video CNN] (agn/ayp)