Pemeriksaan 7 Lapis untuk Masuk Konser Ed Sheeran di Jakarta

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 18:25 WIB
Pemeriksaan 7 Lapis untuk Masuk Konser Ed Sheeran di Jakarta Suasana konser Ed Sheeran di SUGBK, Jumat (3/5). (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konser Ed Sheeran di Jakarta akan dilangsungkan malam ini, Jumat (3/5) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah penonton telah mulai memadati kawasan konser sejak pukul 16.00 WIB.

Mereka berkumpul di beberapa titik pintu masuk kawasan konser untuk bercengkerama dengan kerabat hingga berfoto bersama.

Pintu kawasan GBK telah mulai dibuka sejak pukul 13.00 WIB. Sejumlah petugas terlihat berjaga untuk memeriksa tiket hingga barang bawaan penonton konser.



Setidaknya, ada tujuh lapis pemeriksaan dari aparat keamanan untuk bisa masuk ke Stadion Utama GBK. Pertama, penonton diminta untuk menunjukkan tiket dan identitas, sesuai pintu masuk per kategori.

Baru setelah itu melangkah ke aparat lain untuk mengeluarkan seluruh barang bawaan dan dipindahkan ke dalam plastik transparan yang diberikan petugas.

"Seluruh barang bawaan dikeluarkan dan dipindahkan ke plastik, parfum, makanan dan minuman tidak diizinkan," demikian ujar seorang petugas memberi imbauan.

Tas plastik untuk memindahkan semua barang di dalam tas sebelum masuk konser Ed Sheeran.Tas plastik untuk memindahkan semua barang di dalam tas sebelum masuk konser Ed Sheeran. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Usai memindahkan barang, penonton baru bisa bergerak ke petugas lain dan menunjukkan isi dalam tas plastik, untuk kemudian diizinkan ke pemeriksaan selanjutnya.

Dari situ, waktunya cek tubuh atau 'body check.' Usai 'body check,' pemeriksaan selanjutnya masih berkenaan dengan barang bawaan.

Kali ini, petugas benar-benar membongkar kembali tas yang dibawa, memastikan semua barang bawaan sudah dipindahkan ke dalam plastik transparan berukuran sekitar 20 x 30 centimeter.

Di tahap berikutnya, petugas akan melakukan 'scan barcode' pada tiket dan memasangkan gelang tanda masuk.


Namun, pemeriksaan itu belum sepenuhnya. Usai melenggang masuk ke area GBK, penonton nantinya akan dicek kembali saat menuju tempat duduk di stadion utama. Pemeriksaan berfokus pada makanan dan minuman dan penyesuaian kembali pintu masuk ke tempat duduk yang tertera dalam tiket.

Setidaknya butuh waktu sekitar 5 menit untuk melalui area pemeriksaan dalam kondisi tidak antre.

Salah satu penonton yang ditemui, Yoga mengungkapkan bahwa langkah pemeriksaan terasa kurang praktis.


"Banyak banget tadi diceknya, belum pindahin barang ke plastik. Terus cek berapa kali. Ini untung tasnya kecil jadi gampang. Nah teman saya, dia baru pulang kantor bawannya lumayan banyak jadi bongkar-bongkar dulu tadi," katanya.

Konser Ed Sheeran di Jakarta yang menjadi penutup rangkaian tur di Asia akan dimulai pukul 18.45 WIB dengan penampilan pembuka dari band asal Jepang One OK Rock. Pelantun Shape of You itu sendiri baru akan naik ke atas pentas pada pukul 20.00 WIB. (agn/rsa)