Rating 'Game of Thrones' Turun usai Perang Lawan 'Night King'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/05/2019 21:06 WIB
Rating 'Game of Thrones' Turun usai Perang Lawan 'Night King' Banyaknya penonton yang menyaksikan episode keempat musim final 'Game of Thrones' disebut menurun dibandingkan episode ketiga. (dok. HBO)
Jakarta, CNN Indonesia -- 'Game of Thrones' musim kedelapan atau final kembali mencatat rekor untuk angka penonton tertinggi saat penayangan episode ketiga yang berjudul 'Battle of Winterfell'. Namun angka itu kemudian menurun saat penayangan episode berikutnya 'The Last of the Starks'.

Episode keempat dari musim final itu hanya menarik angka sebesar 11,8 juta pemirsa selama siaran awalnya. Capaian itu menurun sekitar 200 ribu dari episode sebelumnya yang mencatatkan 12,02 juta pemirsa.

Namun, berdasarkan data yang dihimpun dari penayangan di multi-platform, episode keempat ini termasuk cukup mengesankan dengan mendapat total sekitar 17,2 juta penonton. Angka itu hampir menyamai capaian episode perdana musim ke-8 yang mengantongi 17,4 juta pemirsa.


Data multi-platform itu dihimpun dari layanan streaming HBO, HBO GO, dan HBO Now.


Secara keseluruhan, berdasarkan laporan Variety, episode The Last of the Starks ini berhasil menduduki posisi ketiga untuk angka siaran awal tertinggi dalam sejarah penayangan Game of Thrones. Posisi itu tepat berada di bawah episode pekan lalu, sedangkan posisi pertamanya diisi episode terakhir musim ketujuh 'The Long Night'.

The Long Night, salah satu episode terpanjang yang pernah ada dalam serial ini mencatat rekor sebesar pemirsa sebesar 12,07 juta di siaran awalnya dan 17,8 juta di semua platform penayangan. (agn/rea)