Sebut Bayi Meghan Markle bak Simpanse, Penyiar Radio Dipecat

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 18:30 WIB
Sebut Bayi Meghan Markle bak Simpanse, Penyiar Radio Dipecat Seorang penyiar radio di Inggris dipecat setelah ia mengomentari foto keluarga kecil Pangeran Harry. (Dominic Lipinski/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang penyiar dari Radio 5 Live di Inggris dipecat dari pekerjaannya setelah menyebut bayi Pangeran Harry dan Meghan Markle seperti seekor simpanse.

Archie Harrison Mountbatten-Windsor berpose bersama kedua orang tuanya untuk pertama kali pada Rabu (8/5). Foto tersebut segera menjadi pembicaraan seluruh dunia, termasuk Danny Baker yang mengomentari bayi yang dilahirkan Markle pada Senin (6/5).

Di media sosial Twitter, pada Kamis (9/5) pagi waktu setempat, Baker mengunggah foto hitam-putih seorang pria dan wanita berpakaian formal tengah bergandengan tangan dengan seekor simpanse yang juga didandani rapi. Ia menambahkan tulisan, "Royal baby meninggalkan rumah sakit."


Unggahan yang kini sudah dihapus itu segera mengundang reaksi keras. Kebanyakan menyebut Baker sebagai seorang rasis. Baker pun buru-buru mengenyahkan unggahan tersebut dan menuliskan permintaan maaf sebagai gantinya.


"Maafkan karena foto kawan kecil saya yang memakai baju bagus telah membuat beberapa orang marah. [Rasisme] tidak pernah terpikir oleh saya, yah, pikiran saya memang baik-baik saja," tulisnya.



Pada Kamis (9/5) petang, Baker kembali mengunggah permohonan maaf, menjelaskan bahwa ia tak punya maksud buruk kepada keluarga kecil Pangeran Harry dengan unggahan awalnya. "Sekali lagi. Permintaan maaf yang tulus atas foto lelucon bodoh yang tidak terpikirkan sebelumnya," katanya.

"Seharusnya becanda tentang bangsawan versus hewan sirkus dalam pakaian mewah, tetapi diartikan sebagai tentang monyet dan ras, jadi paling benar memang dihapus," ujar Baker.




Tak butuh waktu lama, Baker lantas memberitakan perkembangan terbaru dari kasusnya ini, tetap di akun Twitter. "Baru saja dipecat dari @bbc5live," katanya.



Namun Baker rupanya merasa kesal oleh pemecatan tersebut. Di cuitan lain, ia menyebut tempatnya bekerja sebagai 'jagoan gravitasi palsu'. Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari Radio 5 Live terkait insiden ini.

Anak Pangeran Harry dan Markle memang diketahui memiliki garis keturunan Afrika dari ibu Markle, Doria. Archie pun disebut sebagai anak multirasial pertama dalam garis kerajaan Inggris.

[Gambas:Video CNN] (rea)