Netizen Bandingkan Kerusuhan 22 Mei dengan 'Game of Thrones'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 09:45 WIB
Netizen Bandingkan Kerusuhan 22 Mei dengan 'Game of Thrones' Kerusuhan 22 Mei mengingatkan netizen pada 'Game of Thrones.' (Dok. HBO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi 22 Mei yang berujung ricuh di beberapa titik di Jakarta akibat penolakan hasil Pemilu 2019, mengingatkan netizen pada serial televisi populer HBO, Game of Thrones.

Demam Game of Thrones sendiri belum lepas, mengingat serial itu baru berakhir Senin (20/5) pagi kemarin waktu Indonesia. Netizen masih banyak yang memperbincangkan bagaimana pertumpahan darah karena perebutan takhta, berakhir dengan antiklimaks dan 'mengecewakan.'

Netizen melihat 'pertumpahan darah' dan 'perebutan takhta' itu juga terjadi di Indonesia.


"Indonesia seperti musim final Game of Thrones, rebutan takhta," tulis salah satu akun.







Yang lain menyebut Game of Thrones di Indonesia baru mulai, padahal serial yang dibintangi Kit Harington dan Emilia Clarke itu sudah tamat setelah tayang perdana pada 2011.

Ada pula akun yang mengunggah cuplikan dari 'Battle of Winterfell' episode 3 musim 8 dan mengubahnya menjadi, "Game of Thrones versi Indonesia, Battle of Jakarta."

"Game of Thrones HBO vs Game of Thrones Indonesia," cuit akun lain.







Ada yang menyebut ricuh ini sebagai "Indonesia rasa Game of Thrones."

Sejak semalam, Selasa (21/5) massa yang memprotes hasil Pemilu 2019 yang menyebut Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang dengan perolehan suara 55,5 persen dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memeroleh 44,5 persen, berkumpul di depan kantor Bawaslu.

Mereka sudah membubarkan diri dengan tertib, namun kemudian ada provokator.

Massa pun dipaksa mundur, sampai akhirnya tersebar ke titik-titik lain seperti Tanah Abang dan Petamburan. Bentrok kemudian terjadi di Tanah Abang dan depan Kantor Brimob. Pagi ini, Rabu (22/5) massa kembali mendatangi Bawaslu di Thamrin, membuat kawasan itu 'lumpuh.'









Saling serang antara aparat keamanan dan massa juga terjadi di kawasan Polsek Gambir.

Bentrok kali ini disebut sudah menewaskan satu orang. Banyak lainnya luka-luka.

Game of Thrones yang tayang selama delapan musim, menceritakan perebutan Iron Throne oleh tujuh kerajaan di Westeros. Belum lagi ada Night King dan White Walkers yang menjadi musuh bersama. Tak segan mereka saling bunuh untuk duduk di Iron Throne dan jadi penguasa. (rsa)