Shakira Mulai 'Diinterogasi' Kasus Penggelapan Pajak

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 17:55 WIB
Shakira Mulai 'Diinterogasi' Kasus Penggelapan Pajak Shakira, penyanyi asal Kolombia, memenuhi panggilan pengadilan Spanyol pada Kamis (6/6). Ia diinterogasi terkait tuduhan penggelapan pajak 14,5 juta euro. (REUTERS/Mike Segar).
Jakarta, CNN Indonesia -- Shakira, penyanyi asal Kolombia, memenuhi panggilan pengadilan Spanyol pada Kamis (6/6). Ia diinterogasi atas tuduhan penggelapan pajak senilai 14,5 juta euro setara US$16,3 juta.

Istri pemain sepakbola Spanyol Gerard Pique itu menghadiri pemanggilan pengadilan, namun menghindari belasan wartawan dan fotografer yang telah menunggunya di Gedung Pengadilan di Esplugues de Llobregat, Barcelona, Spanyol.

Mengutip AFP, Kamis (6/6), penyanyi berusia 42 tahun tersebut menghadiri sidang untuk audiensi pada pukul 10.00 waktu setempat. Jaksa wilayah menudingnya menghindari pembayaran pajak pada periode 2012-2014.

Shakira dikabarkan telah bermukim bersama suami dan dua putranya di Spanyol sejak 2011 silam. Namun, ia mengklaim pindah pertama kali setelah menikah dengan Pique ke Kepulauan Bahamas hingga 2015.


Pengacara Shakira membela kliennya mendapatkan sebagian besar penghasilannya dari tur internasional hingga 2014. Bahkan, kliennya tidak tinggal lebih dari enam bulan dalam satu tahun di Spanyol pada periode tersebut.

Menurut pengacara Shakira, pelantun 'Hips Don't Lie' tersebut telah memenuhi semua kewajiban pajaknya pada pihak berwenang Spanyol.

Shakira bukan pesohor pertama yang tersandung persoalan pajak. Pada Juli 2016, pemain sepak bola Lionel Messi dan ayahnya Jorge diberi penangguhan hukuman selama 21 bulan setelah dinyatakan bersalah atas penghindaran pajak citra pemain.

Mantan pemain sepak bola Real Madrid Christiano Ronaldo juga mengaku bersalah atas penipuan pajak dan membayar denda hampir €19 juta atau sekitar Rp313 miliar sebagai ganti hukuman penjara dua tahun.

[Gambas:Video CNN]


(AFP/bir)