5 Kolaborasi Internasional K-Pop, Red Velvet sampai DEAN

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 07/07/2019 18:19 WIB
5 Kolaborasi Internasional K-Pop, Red Velvet sampai DEAN Red Velvet salah satu girlband Korea yang berhasil berkolaborasi dengan Diplo dan Ellie Goulding. (Dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa tahun belakangan, dunia K-Pop dihiasi dengan kolaborasi-kolaborasi tak terduga, termasuk bersama musisi dunia. Keterlibatan musisi luar Korea ini bagai sebuah penanda bahwa K-Pop bukanlah genre eksklusif dan monoton.

Hal itu terbukti dari para musisi Korea yang dapat unjuk kemampuan di luar genre K-Pop itu sendiri. Mulai dari boyband BTS dengan kolaborasi bersama DJ Steve Aoki, sampai girlband asuhan YG Entertainment, BLACKPINK dalam kerja sama dengan artis pop Dua Lipa yang sempat membuat heboh dunia. Tidak hanya BTS dan BLACKPINK, berikut ini beberapa kolaborasi internasional dari grup atau musisi Korea lainnya yang perlu dimasukkan daftar putar.


Ellie Goulding, Diplo, dan Red Velvet - Close to Me 


Lagu orisinil Close to Me yang juga menggandeng Swae Lee, dirilis pada bulan Oktober 2018 dan langsung menjadi hit. Lagu itu kembali menempati posisi ke-27 dalam Billboard the Hot 100 karena rilis ulangnya yang menggandeng girlband Red Velvet.

Versi remix oleh Red Velvet ini dirilis pada 5 April 2019 lalu dengan porsi vokal Irene dan kawan-kawannya menggantikan porsi Swae Lee. Kelima personel Red Velvet menyanyikan bagian mereka dalam bahasa Korea, dimulai oleh nada rendah dari Seulgi, dilanjutkan oleh Wendy. Nama personel termuda, Yeri dan vokalis utama Wendy diberikan kredit untuk penulisan lirik dalam bahasa Korea.

Wendy dan John Legend - Written In The Stars

Satu lagi kolaborasi datang dari Red Velvet. Tepatnya, dari Wendy. Ia berkolaborasi dengan penyanyi Amerika, John Legend dalam lagu balada bertajuk Written In The Stars. Kolaborasi ini dikeluarkan oleh proyek musik milik agensi Wendy, SM STATION X 0 pada Oktober 2018 lalu. Written In The Stars dinyanyikan penuh dalam bahasa Inggris, dengan memadukan vokal kuat khas Wendy dan suara merdu Legend diiringi petikan gitar yang lembut.


DEAN dan Syd - Love

Penyanyi R&B alternative Korsel, DEAN merilis sebuah lagu berjudul Love pada Mei 2017. Dalam lagu ini ia berduet bersama vokalis band The Internet, Syd The Kid. Love adalah sebuah lagu yang mencampur unsur musik jazz yang menemani perpaduan suara DEAN dan Syd, dipadu ketukan yang groovy. Sebelumnya, DEAN diketahui sering berkolaborasi dengan musisi barat, seperti Anderson .Paak dan Eric Bellinger. Dianugerahi dengan suara khas yang lembut, vokal DEAN mudah berpadu dengan jenis suara lain.

Tablo, Eric Nam, dan Gallant - Cave Me In

Tablo dari grup hip hop Korsel, Epic High dan solois Eric Nam berkolaborasi dengan penyanyi R&B, Gallant pada 2017 silam. Suara falsetto Gallant terdengar sejalan dengan rap dari Tablo dan vokal Eric yang tak kalah manis. Ditemani beat R&B ala 90an dan melodi lambat, lagu ini dinyanyikan penuh dalam bahasa Inggris. Dikutip dari Billboard, Tablo berkata bahwa lagu ini adalah 'sebuah lagu yang dapat menenangkan Anda saat malam tidak memihak pada Anda'.


PREP, Shownu, dan So!YoON! - Don't Look Back

Shownu dari grup Monsta X berkolaborasi dengan band asal London, PREP, dalam lagu jazz R&B yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Don't Look Back memberikan kesan retro 1980-an dengan melodi dari synth dan alunan gitar dari So!YoON!. Vokalis PREP, Tom Havelock, mengatakan lagu ini bertutur tentang kecemburuan dan pencarian arti yang masih tersembunyi. Don't Look Back dinyanyikan penuh dalam Bahasa Inggris, di mana suara Shownu terdengar harmonis melebur dalam musik city pop dari PREP.

[Gambas:Video CNN] (taj/rea)