Misi Apollo 11 dan Neil Armstrong dalam 5 Karya Populer

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 10:59 WIB
Misi Apollo 11 dan Neil Armstrong dalam 5 Karya Populer Dibuat berdasarkan buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong, film 'First Man' yang digarap oleh Damien Chazelle dan diperankan oleh Ryan Gosling. (Dok. Universal Studios via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesuksesan misi pendaratan manusia pertama ke Bulan dalam program Apollo 11 50 tahun lalu jadi momentum bersejarah bagi umat manusia. Momen itu pula yang menjadi sumber inspirasi bagi sejumlah karya.

Keberhasilan NASA membawa Neil Armstrong, Michael Collins, dan Edwin E Aldrin Jr ke Bulan dituangkan dalam banyak karya dan menjadi bagian dalam budaya populer, hingga kini.

CNNIndonesia.com mencatat setidaknya ada lima karya budaya populer yang merekam atau terinspirasi dari salah satu pencapaian besar umat manusia tersebut.


Buku 'First Man: The Life of Neil A. Armstrong'

Buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong merupakan biografi resmi dari sosok manusia yang mendarat pertama kali di Bulan, Neil Armstrong, pada 20 Juli 1969.

Buku ini ditulis oleh James R Hansen dan dirilis pada 2005. Buku setebal 700-an halaman ini menggambarkan keterlibatan Armstrong dalam program luar angkasa NASA, yang berpuncak pada Apollo 11.

Bukan hanya sekadar keterlibatan Armstrong, buku ini juga menggambarkan sosok pribadi astronaut tersebut yang kemudian jadi landasan dari film 'First Man'.
Misi Apollo 11 dan Neil Armstrong dalam 5 Karya PopulerDibuat berdasarkan buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong, film 'First Man' yang digarap oleh Damien Chazelle dan diperankan oleh Ryan Gosling. (Dok. Universal Studios via imdb.com)
Film 'First Man'

Dibuat berdasarkan buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong, film 'First Man' yang digarap oleh Damien Chazelle dan diperankan oleh Ryan Gosling.

Meski dibuat berdasarkan buku biografi Armstrong, film ini hanya berfokus pada perjalanan astronaut tersebut mulai dari 1961, yaitu pada proyek X-15, lalu pada proyek Gemini 8, Apollo 1, dan Apollo 11 pada 1961.

Sebagai cerita biopik, First Man cukup memiliki banyak isu baik sosial maupun politik yang dibawa. Salah satunya seperti masalah rasial di masa persiapan Apollo 11, atau kala Armstrong dan NASA harus mempertahankan idealisme mereka di tengah himpitan dana dan krisis dukungan politik para senator.

Film ini tergolong tak terlalu sukses baik secara komersil di box office atau pun di ajang penghargaan, meskipun mendapatkan nilai 85 persen dari kritikus. Film berbujet US$70 juta ini 'hanya' mendulang US$105 juta.

Dari segi panggung Academy Awards, 'First Man' hanya mendapatkan empat nominasi yang bukan kategori utama. Dari empat nominasi tersebut, hanya memenangkan satu piala dari kategori Best Visual Effects.

[Gambas:Video CNN]

Film 'Hidden Figures'

Film Hidden Figures sebenarnya tak banyak mengungkit soal Apollo 11. Namun tiga figur wanita ini berperan penting dalam perjalanan misi NASA ke Bulan, termasuk Apollo 11.

Film Hidden Figures mengisahkan tiga matematikawan wanita andalan NASA, Katherine Goble Johnson, Dorothy Vaughan, dan Mary Jackson. Ketiganya diperankan oleh Taraji Henson, Octavia Spencer, dan Janelle Monae.

Meski tak secara spesifik berkisah soal Apollo 11, bagian epilog Hidden Figures mengungkapkan bahwa Katherine terlibat dalam penghitungan proyeksi Apollo 11 dan Space Shuttle.

Film 'Independence Day'

Film fiksi ilmiah Independence Day yang ikonis juga tidak terlibat secara langsung dengan Apollo 11. Namun film yang dibintangi oleh Will Smith pada 1996 ini menggunakan adegan pembukaan berupa pesawat induk alien yang terbang mendekati lokasi Apollo 11 mendarat di Bulan.

Film 'Transformers: Dark of the Moon'

Kisah Apollo 11 menjadi bagian utama dalam pengembangan cerita film Transformers: Dark of the Moon.

Film ini menggambarkan misi Apollo 11 sebenarnya bukan hanya untuk mendaratkan manusia di Bulan, melainkan sebagai sarana menyelidiki kecelakaan meteor di sisi gelap satelit Bumi itu.

Disangka meteor, ternyata benda yang menabrak Bulan itu adalah Tabut yang merupakan kapal ruang angkasa yang membawa salah satu Autobots bernama Sentinel Prime. (end)