Festival Bermasalah, Jay-Z Batal Tampil di Woodstock 50

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 08:08 WIB
Festival Bermasalah, Jay-Z Batal Tampil di Woodstock 50 Rapper Jay-Z memutuskan membatalkan penampilan di Woodstock 50. (AFP PHOTO / ANGELA WEISS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jay-Z berubah pikiran dan memutuskan membatalkan rencana penampilannya di Woodstock 50 mendatang. Dilansir dari CNN, sumber itu tidak menyebutkan secara rinci apa alasan pembatalan tersebut, namun diduga lantaran festival tersebut tak lepas dari masalah sejak ide 'sekuel' dicetuskan.

Tadinya, Woodstock 50 dijadwalkan digelar pada 16-18 Agustus 2019. Namun sampai saat ini, tiket belum dijual dan masih banyak hal lain yang tidak jelas.

Batalnya penampilan Jay-Z ini pertama kali dilaporkan oleh The Associated Press, di antara pemberitaan pemindahan lokasi. Variety menyatakan awalnya promotor memilih lokasi tepat di mana Woodstock pertama digelar, yakni di Bethel Woods Center for the Arts. Kini, lokasi dipindah ke Merriweather Post Pavilion di Maryland, karena 'kesulitan mendapatkan izin'.


Pindahnya lokasi ini disebut menjadi salah satu penyebab para musisi yang dijadwalkan tampil kembali mempertimbangkan ulang keputusan mereka. Salah satunya, musisi John Fogerty yang pernah naik panggung di Woodstock pertama bersama Creedence Clearwater Revival.

Pada Jumat (26/7), melalui unggahan di Facebook yang menunjukkan lokasi Bethel Woods Center for the Arts, Fogerty mengatakan, "John Fogerty tahu di mana ia akan berada di akhir pekan perayaan Woodstock. Hanya ada satu tempat, satu tempat asli - The Bethel Woods Center for the Arts. Seperti yang ia katakan dalam lagu 'Who'll Stop The Rain' yang ditulis untuk kembalinya Woodstock - 'tidak ada lagi kebingungan di mana harus berpijak'."


Variety mengatakan bahwa musisi-musisi lain secara perlahan tampak 'menjaga jarak' dari pemberitaan Woodstock. Mereka seperti sedang menunggu tindakan promotor yang bisa menunjukkan bahwa festival ini akan benar-benar berlangsung, dan mengusung semangat yang sama seperti pada 1969 silam.

Pada April lalu, sebuah perusahaan pemasaran yang disebut membiayai Woodstock 50 memilih untuk mundur. Seorang eksekutif mengatakan bahwa mereka telah membatalkan acara tersebut. Namun pihak penyelenggara, diwakili oleh Michael Lang yang merupakan salah satu kreator Woodstock 1969, berkata bahwa keputusan batal tidak datang dari investor.

Bulan lalu, pihak festival mengumumkan bahwa lokasi akan dipindah. "Kami telah berdiskusi dengan pihak lokasi lain untuk menyelenggarakan Woodstock 50 pada 16-18 Agustus dan kami mencari tempat baru sementara tiket akan dijual dalam waktu dekat," ujar manajer Woodstock 50, Gregory Peck.

Pada bulan Maret, beberapa nama besar dalam industri musik Amerika seperti Miley Cyrus dan Chance the Rapper diumumkan sebagai pengisi acara. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari penyelenggara.

[Gambas:Video CNN] (rea)