'Kencan' Intim 60 Menit Bareng Choi Siwon di Jakarta

tim, CNN Indonesia | Minggu, 11/08/2019 15:25 WIB
'Kencan' Intim 60 Menit Bareng Choi Siwon di Jakarta Choi Siwon meninggalkan kesan mendalam seusai acara fanmeeting yang bertema Perfect Date di Jakarta, Sabtu (10/8). ( dok. Hancinema.net/tvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Totalitas merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan Choi Siwon dalam fanmeeting perdananya di Balai Sarbini, Jakarta pada Sabtu (10/8).

Hal itu jelas terlihat dan terdengar dalam 60 menit Choi Siwon bersama penggemar yang kebanyakan fan Super Junior alias ELF. Siwon benar-benar mengajak penggemar seperti sedang berkencan sesuai dengan tajuk fanmeeting, Perfect Date.

Acara kencan bersama Siwon dimulai pukul 16.40 WIB. Gagah dengan setelan jas abu-abu, ia turun dari tangga disertai lampu sorot merah biru yang mengingatkan pada film The Great Gatsby.


"Halo, Indonesia. Ini merupakan waktu yang tepat untuk kita berkencan," sapa Siwon yang disambut riuh teriakan penggemar.

Layaknya orang sedang berkencan, Siwon tak ragu mengeluarkan pernyataan-pernyataan 'mesra'. Di awal, ia berbicara tentang hal-hal yang disukainya. Di tengah cerita, ia berhenti berbicara saat seorang penggemar lelaki berteriak memanggilnya dengan 'Oppa'.

"Please don't call me oppa," ucapnya lembut sembari tersenyum menanggapi panggilan fanboy itu.

"But I'll always be your oppa," kata Siwon melanjutkan, menunjuk penggemar di barisan depan yang kebanyakan merupakan perempuan.

Fanmeeting Siwon memang tak hanya dihadiri perempuan. Kaum adam pun ikut menikmati acara. Tak sedikit yang datang bersama pasangan, bahkan anak. Tapi ada juga yang datang bersama teman perempuannya.

Di Korea, oppa merupakan panggilan untuk laki-laki yang lebih tua. Namun, hal itu berlaku untuk perempuan. Sementara itu, hyung merupakan kata yang tepat jika seorang laki-laki ingin menyapa laki-laki lain yang lebih tua dari dirinya dengan akrab.

Siwon melanjutkan bercerita tentang sisi lain dirinya seperti selalu membawa pelembab bibir ketika akan tampil dalam suatu acara dan bisa menunjukkan beragam ekspresi hanya melalui alis. Ia lantas 'menggoda' penggemar dengan memainkan alis dan telinga.

'Kencan' Intim 60 Menit Bareng Choi Siwon di JakartaBerulangkali, Choi Siwon menyebabkan penggemar larut dalam gelombang histeria. (dok. Hancinema.net/tvN)
Bunga menambah romantisme kencan bersama Siwon. Beberapa penggemar beruntung bisa berinteraksi dan menerima bunga dari pemeran utama drama Revolutionary Love itu.

Totalitas Siwon terlihat sejak awal acara. Ia berbicara dalam bahasa Inggris yang sepertinya lebih bisa dimengerti kebanyakan penggemarnya ketimbang Bahasa Korea. Namun setelah 20 menit, ia akhirnya memilih bersantai dengan berbahasa Korea.

Namun totalitas tak hanya terlihat dari sana. Choi Siwon juga tak menolak permintaan peluk dari penggemar yang beruntung naik ke panggung. Yang mana, hal itu sesungguhnya bukan hal yang wajar atau bisa gampang ditemukan dalam fanmeeting idol Korea Selatan.

Dalam temu penggemar di Korea sekalipun, fan biasanya hanya bisa berbincang-bincang, bersalaman dan foto grup.

Tapi Siwon seakan menabrak 'aturan' tersebut. Dengan tangan yang terbuka lebar dan senyum mengembang, ia memeluk lebih dari tujuh orang.

Guyonan-guyonan ringan disampaikan untuk mencairkan suasana, seperti saat seorang penggemar terlihat sangat grogi saat hendak bersalaman. Belum lagi ketika ia membahas rencananya kembali mengunjungi Bali.

"Nanti kamu (penggemar) duduknya bukan di belakang, tapi di depan," ucap Siwon sambil memperagakan berpelukan di motor.

Ekspresif. Hal itu juga terlihat jelas di sepanjang fanmeeting. Ragam ekspresi Siwon yang biasa terlihat dalam drama juga ditampilkan. Mulai dari serius, bingung, kaget, bahagia, tersipu, semua ditunjukkan Siwon bagi penggemar. Ia juga berbicara melalui mata, alis dan raut wajah. 

"She said I'm handsome. I know," tuturnya dengan wajah serius sambil menunjukkan lesung pipi, membuat gelombang histeris.

Usai berbincang-bincang, Siwon pamer kebisaan memasak. Ia hendak mengulek sambal rujak. Jas dibuka. Lengan baju dilipat. Penggemar kembali menjerit melihatnya.

Sebelum berpisah, penggemar yang membeli tiket kelas Blue dan Purple berkesempatan bersalaman atau hi-touch dengan Siwon. Staf menyiapkan antrean dan barisan. Di atas panggung terlihat sebuah meja besar.

Di Korea, hi-touch biasanya dilakukan dengan cara artis duduk di kursi dan meja di depannya. Namun kemarin, Siwon langsung meminta staf menyingkirkan meja bertaplak merah itu. Ia memilih menyambut langsung para penggemar sembari terus tersenyum. 

Hal unik terjadi dalam momen itu. Beberapa penggemar memanggilnya 'om'. "Don't call me uncle. Call me oppa," kata Siwon.

Ketika mendapat uang rupiah, i penyanyi berusia 33 tahun itu berujar, "Do I look poor?"

Fanmeeting perdana Siwon di Jakarta terbilang berjalan baik. Penggemar yang berada di kelas oranye yakni paling belakang seperti di tribun masih bisa melihat wajah sang idola dengan jelas di layar. Sebagai penutup kencan, ia menyanyikan lagu John Mayer Gravity dan Collide dari Howie Day.

Namun, acara itu terlambat 40 menit dari jadwal. Banyak pembeli kelas Pink yang masih di luar lokasi pada pukul 16.00 WIB. Keterlambatan itu berimbas ke sesi selanjutnya. Beberapa kali pembawa acara bercanda tentang durasi kepada Siwon.

'Kencan' Intim 60 Menit Bareng Choi Siwon di JakartaSayang, fanmeeting solo perdana Choi Siwon di Jakarta dimulai terlambat pada Sabtu (10/8). (screenshot via Instagram/@siwonchoi)
Akibatnya, penggemar seperti diburu-buru dalam sesi bersalaman. Tak jarang staf di atas panggung sedikit berteriak meminta penggemar lekas meninggalkan panggung.

Namun tingkah segelintir penggemar juga bisa menjadi penyebab. Beberapa orang terpantau sedikit melewati batas dari kebiasaan fanmeeting pada umumnya, seperti mengalungkan syal hingga menempelkan badan pada sang idola saat berfoto.

Ada pula mereka yang mengerubungi Siwon untuk kembali bersalaman usai foto bersama. Hal itu membuat kloter selanjutnya harus menunggu lebih lama. Selain itu, penerjemah Korea-Indonesia juga terlambat muncul sekitar 10 menit sejak acara dimulai.

Sebelum berpisah, Siwon mengungkapkan perasaannya usai 'berkencan' dengan penggemar di Jakarta. "Sebelumnya saya di Thailand fanmeeting untuk drama. Tapi untuk fanmeeting saja ini baru pertama kali dan di Indonesia. Yang terpenting untuk waktu pertama adalah langkah awalnya," katanya.

"Semua tahu langkah pertama paling sulit. Tapi karena langkah pertama saya bersama kalian semua, saya bisa lihat ke depan lebih jelas dan tak takut sama sekali," lanjut Siwon. (chri/rea)