Choi Siwon Sebut Super Junior Tak Punya Grup 'Chat'

tim, CNN Indonesia | Minggu, 11/08/2019 21:17 WIB
Choi Siwon Sebut Super Junior Tak Punya Grup 'Chat' Choi Siwon menyebut dirinya bersyukur bergabung bersama Super Junior. (dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Choi Siwon mengaku bersyukur dirinya bergabung dengan Super Junior. Rasa syukur itu disampaikan di hadapan penggemar dalam fanmeeting bertajuk Perfect Date di Balai Sarbini, Sabtu (10/8).

"Super Junior selalu menghadapi tantangan dan saya bersyukur karena itu," kata Siwon.

Super Junior resmi debut ke industri musik Korea Selatan pada 2005. Siwon bergabung dengan boyband buatan SM Entertainment itu setelah ditawari untuk audisi ketika dirinya sedang menunggu seorang teman di depan gedung sekolahnya.


Di tahun-tahun awal, Super Junior memiliki 13 anggota yakni Leeteuk, Heechul, Hangeng, Kangin, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Sungmin, Siwon, Kibum, Ryeowook, dan Kyuhyun. Henry dan Zhou Mi turut hadir dalam sub-unit Super Junior M (Mandarin).

Dalam perjalanan kariernya, Super Junior  menjadi sangat besar di dunia terutama sejak merilis lagu Sorry Sorry pada 2009. Super Junior kemudian disebut sebagai pembawa gelombang Hallyu atau Hallyu Wave generasi kedua.

Saat itu, beberapa masalah mulai terjadi. Tak lama setelah merilis Sorry Sorry, Kibum memutuskan keluar dari Super Junior dengan alasan ingin fokus menjadi aktor.

Di tahun yang sama, Hangeng juga menggugat kontrak kerja SM Entertainment hingga akhirnya pada 2011 ia resmi keluar dari SM Entertainment dan kembali ke China, fokus berkarier solo.

Menyusul kemudian, sejumlah masalah yang melibatkan member lain seperti beredarnya foto Eunhyuk bersama IU dan Donghae dengan Jessica eks SNSD beberapa tahun lalu, komentar seksis Shindong, serta omongan 'kasar' Kyunyun. Yang juga ramai dibicarakan adalah ulah Kangin menyetir sambil mabuk dan dugaan kekerasan terhadap pasangannya. Kangin kemudian memilih keluar dari Super Junior pada April 2019 meski tetap menjadi bagian dari SM Entertainment.

Super Junior pun digoncang permasalahan Sungmin. Salah satu member termuda Super Junior ini dianggap tak menghargai member lain, membohongi penggemar dan egois terkait kisah percintaan dan pernikahannya.

Super Junior kini menjadi salah satu grup vokal Korsel yang terhitung senior. (dok. SM Entertainment)
Siwon sendiri tak lepas dari jeratan masalah. Ia sempat didesak keluar dari Super Junior setelah anjingnya melukai dan menyebabkan tetangganya meninggal.

Namun Siwon tetap bersyukur, meski kini Super Junior aktif dengan sembilan anggota yakni Leeteuk, Heechul, Shindong, Yesung, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun.

"Kami akan tetap menantang, tidak akan pernah berhenti dan akan terus bertumbuh," ucap Siwon.

Dalam fanmeeting, Siwon memberi tahu member Super Junior bukan tipe yang memilih berkomunikasi dalam satu grup obrolan. Padahal mereka sudah bersama sejak 14 tahun silam.

"Kami tidak punya chat di grup. Kasih tahu 'Hi guys saya sedang di Indonesia nih' oh, tidak mungkin," tutur Siwon saat ditanya penggemar apakah member lain tahu dirinya sedang di Indonesia.

Tapi siapa sangka, member tertua serta termuda Super Junior yakni Leeteuk dan Kyuhyun mengetahui hal itu dan membuat video berpesan kepada Siwon untuk semangat saat fanmeeting. Penggemar diminta tetap mendukung Siwon dan Super Junior di masa mendatang.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)