Amber 'f(x)', Keluar dari SM Demi Terus Eksis Bermusik

CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 14:27 WIB
Amber 'f(x)', Keluar dari SM Demi Terus Eksis Bermusik Amber 'f(x)' yang mengumumkan keluar dari SM Entertainment dikenal sebagai sosok yang terus konsisten bermusik meski grupnya hiatus. (dok. SM Town)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amber Josephine Liu atau yang dikenal sebagai Amber, baru mengumumkan keluar dari agensi yang menaungi grup f(X), SM Entertainment, sejak bergabung pada 2009.

Amber lahir pada 8 September 1992 di Los Angeles dan merupakan anak dari orang tua yang berasal dari Taiwan.

Tak seperti idol wanita kebanyakan, Amber hampir tak pernah tampil feminin. Ia nyaris tak pernah mengenakan rok maupun dress di atas panggung. Namun tak hanya di panggung, gaya itu juga berlaku di kehidupannya sehari-hari.


Amber pun lekat dengan gaya tomboi dan menjadi pembeda dirinya dibanding idol-idol lainnya. Karena gaya ini pula, Amber sering mendapatkan cibiran. Tapi ia tak ambil pusing.

Meski tercatat sebagai rapper dalam f(x), Amber tidak hanya jadi penyanyi. Ia sempat tergabung dalam sejumlah variety show pada 2011-2012, seperti Invicible Youth yang semakin melambungkan namanya.

Amber juga aktif menyumbangkan suara pada lagu teman seagensi. Pada lagu utama album debut anggota Super Junior Henry yang berjudul '1-4-3 (I Love You)' pada 2013, Amber menyumbangkan bagian rap.

Amber kemudian merilis debut solo pada 2015 bertajuk Beautiful. Album itu memiliki lagu utama 'Shake That Brass'.

Dalam 'Shake That Brass', Amber mengajak pentolan SNSD, Taeyon mengisi bagian vokal. Debut Amber ini juga disemarakkan oleh teman-temannya sendiri, terutama untuk musik videonya.

Amber terus bermusik meski f(x) memutuskan hiatus pada 2016.

Pada tahun f(x) hiatus itu, Amber sempat merilis serangkaian single seperti Borders, On My Own, dan Need to Feel Needed. Selain itu ada Breathe Again yang berkolaborasi dengan disjoki Jepang, Ksuke.

Pada 2018, Amber menandatangani kontrak dengan Steel Wool Entertainment untuk mempromosikan lagu Countdown bersama LDN NOISE di Amerika.
Amber 'f(x)', Keluar dari SM Demi Terus Eksis BermusikAmber 'f(x)' yang mengumumkan keluar dari SM Entertainment dikenal sebagai sosok yang terus konsisten bermusik meski grupnya hiatus. (dok. SM Town)
Selain Steel Wool Entertainment, Amber juga menandatangani kontrak dengan United Talent Agency untuk mengatur seluruh kegiatannya secara global.

Lama tidak comeback, f(x) justru memberikan kabar buruk bagi penggemarnya. Pada 1 September, Amber mengumumkan dirinya mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment.

Banyak penggemar yang menyalahkan SM atas kepergian Amber ini. Para penggemar menuduh SM tak kunjung memberikan kesempatan f(x) untuk comeback sehingga Amber memutuskan hengkang.

[Gambas:Youtube] (kir/end)