Ulasan Konser

Sindiran APink dan Pengalaman Menyebalkan Hari 1 SKF 2019

tim, CNN Indonesia | Minggu, 29/09/2019 12:32 WIB
Sindiran APink dan Pengalaman Menyebalkan Hari 1 SKF 2019 ilustrasi: Super K-Pop Festival hari pertama diisi oleh girlband APink, NU'EST, Red Velvet, Super Junior-D&E, sayangnya keterlambatan membuat festival ini tak menyenangkan.(AFP PHOTO / Starnews)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari pertama Super K-Pop Festival (SKF) 2019 harusnya bisa jadi pengalaman menyenangkan bagi penggemar K-Pop di Jakarta, seperti saya. Tapi ada banyak hal yang membuat pengalaman itu sirna.

Apalagi, festival ini berisi banyak musisi K-Pop yang lama tak ke Indonesia ataupun sekadar jadi ajang reunian bagi sejumlah penggemar.

SKF hari pertama diisi oleh girlband APink, NU'EST,  Ha Sung-woon, Tiffany Young, Red Velvet, Kyuhyun dan Super Junior-D&E.


Selayaknya festival, masing-masing penampilan diberi batasan durasi. Sebelumnya pihak promotor menjanjikan setiap penampil akan membawakan lima sampai enam lagu.

Namun yang terjadi saat acara tidaklah demikian. Masalah manajerial konser yang terbilang buruk menjadi penyebab pertama mengapa festival yang mestinya berakhir menyenangkan ini menjadi menjengkelkan.


Musisi NU'EST jadi penampil pertama yang naik ke atas panggung sekaligus menjadi bukti janji panitia yang hanya ucapan manis belaka. NU'EST hanya menyanyikan empat lagu yakni Bet Bet, Segno, Love Paint dan De Javu.

Bukan hanya terpaksa membawakan lagu yang lebih sedikit, NU'EST juga harus menelan pil pahit tampil dengan kondisi penonton yang masih melompong. Banyak penonton yang masih sulit masuk ke arena konser pada pukul 18.30 WIB padahal konser sudah semestinya dimulai.

NU'EST yang naik panggung pukul 19.10 WIB pun terpaksa melihat bangku belum terisi semua karena sebagian penonton baru mulai berdatangan. Bahkan, penonton kelas Green baru masuk ke arena konser ketika NU'EST sudah menyanyikan lagu pertama.

Hal itu tentu sangat disayangkan. Super K-pop Festival sesungguhnya menjadi tempat reuni para member WANNA ONE dan penggemarnya alias Wannable.

Di hari itu, Wannable bisa melihat aksi Hwang Min-hyun yang tergabung dalam NU'EST dan Ha Sung-woon. Para member NU'EST lainnya juga merupakan jebolan Produce 101 season 2, survival show yang melahirkan WANNA ONE.

Hwang Minhyun meminta penggemar tak bersedih karena hanya bisa bertemu dengan mereka dalam waktu singkat. "Jangan kecewa. Masih banyak artis lain yang mengisi acara hari ini," tuturnya.

Tapi kekecewaan kembali datang. Kali ini terjadi saat APink tampil. Setelah lima tahun lalu datang ke Indonesia, kali ini mereka kembali namun harus menelan pil pahit bahwa mereka dan penggemar tak bisa berlama-lama bertegur sapa.

SKF 2019Foto: (CNNIndonesia/ Christie Stefanie)
SKF 2019


Girlband APink menjadi penampil SKF 2019 yang paling sedikit membawakan lagu. Hanya tiga lagu yang bisa mereka bawakan karena terbentur durasi.

Girlband dengan anggota Chorong, Bomi, Eunji, Naeun, Namjoo dan Hayoung tersebut hanya menyanyikan beberapa lagu terbaru mereka seperti %% (Eung Eung), I'm so Sick dan ALRIGHT.

Beberapa lagu hit yang biasanya mereka bawakan saat konser seperti Mr. Chu, NoNoNo, FIVE atau LUV tak ditampilkan dalam acara tersebut.



Durasi yang singkat sepertinya dirasakan oleh para member APink. Chorong sebagai leader sempat menyindir hal tersebut ketika menyapa penonton terutama penggemar APink yang kerap disebut Pink Panda.

"Apa kabar sudah lama tidak berjumpa? Kangen tidak sama kami? Sudah lama tidak ke Indonesia. Kami menunggu lama untuk bertemu penggemar di Indonesia. Tapi durasi sangat sebentar ya," kata Chorong.

Kalimat tersebut disambut teriakan dari para penonton. Mendengar hal tersebut, Chorong meminta penggemar jangan bersedih karena mereka akan kembali dalam waktu dekat.

APink tercatat akan menjadi salah satu pengisi acara festival musik lainnya pada 20 Oktober di Istora Senayan.

Setelah NU'EST dan APink, Ha Sung-woon giliran tampil ke atas panggung. Ia tergolong tampil tanpa terlalu lama berinteraksi dengan penonton. Di tengan penampilan, ia sempat meminta penonton fanchant terlebih dulu sebelum membawakan lagu-lagu hitnya.

Ha Sung-woon membawakan Bird, Tell Me I Love You, Don't Forget, Bluemaze, Blue, dan What Are You Doing Today.

"Saya benar benar menikmati acara ini karena melihat penggemar senang gembira hari ini. Sudah lama saya enggak ke sini. Ada yang baru pertama kali lihat saya? Yeaaay. Terima kasih karena sudah datang hari ini. Memang Jakarta luar biasa," kata Ha Sung-woon.

Kode dari Tiffany Young

Usai Ha Sung-woon, giliran Tifany Young naik ke atas panggung. Tiffany tampil dengan kemewahan. Ia muncul dalam balutan dress keemasan dan hitam yang berkelap-kelip.

Ia mengawali penampilannya melalui lagu I Just Wanna Dance yang digabung dengan Dont Stop The Music yang dipopulerkan Rihanna. Member Girls' Generation ini juga membawakan lagu-lagu yang ia populerkan seperti Over My Skin serta Heartbreak Hotel.

SKF 2019Foto: (CNNIndonesia/ Christie Stefanie)
SKF 2019


Tiffany pun tak ragu menyapa penggemarnya saat bernyanyi di ujung kiri dan kanan panggung. Dalam kesempatan itu, ia berterima kasih kepada penggemar karena tetap mendukung dan menjadi inspirasinya.

"Terima kasih atas keindahan malam ini. Terima kasih karena akhirnya bisa bertemu kalian langsung. Terima kasih atas menginspirasi saya selama ini. Tetap positif, tetap berjuang, tetap berjalan maju, dan tetap bersinar," kata Tiffany yang menutup penampilan dengan Magnetic Moon.

Sebelum benar-benar meninggalkan penonton, Tiffany seperti memberi kode akan kembali ke Indonesia.

"Sampai bertemu lagi di Tur Magnetic Moon," tuturnya.

Red Velvet pun menggantikan Tiffany Young di atas panggung. Red Velvet pun menyapa penonton dan Wendy mengatakan kemunculan mereka di SKF 2019 sebagai pelunas janji kembali ke Indonesia yang disampaikan saat April lalu.

"Kami pernah janji akan kembali. Kalian ingat tidak? Hari ini harinya. Apakah kalian siap untuk bersenang-senang?"

Mereka mengawali penampilan dengan lagu hit mereka Red Flavor dan Power Up. Setelah bersemangat melalui dua lagu tersebut, Red Velvet mengajak ReVeluv sedikit bersantai melalui lagu With You.

Tak lupa, mereka juga membawakan lagu-lagu yang dirilis tahun ini seperti Zimzalabim, Ladies Night dan Umpah Umpah.

Konser K-Pop yang Sepi

Kali ini, ada pemandangan menarik di SKF 2019. Kekosongan penonton akibat harga tiket yang kelewat tinggi untuk kelas festival konser Korea dimanfaatkan penonton untuk bebas leluasa mengikuti idola mereka.

Penonton, terutama di kelas Gold, berlari mengikuti idola mereka yang berjalan ke kiri dan kanan panggung.

Hal ini menjadi menyenangkan sekaligus miris karena biasanya konser K-Pop amat penuh. Jangankan berlari mengikuti idol, bergeser saja sulit saking padat dengan para fandom.

Tiket SKF 2019 memang terbilang tinggi. Kelas Green yang berada paling jauh dari panggung dihargai Rp1,027 juta. Sementara itu untuk seluruh kelas Platinum, baik yang berdiri maupun duduk dipatok Rp3,39 juta.

Artis yang hadir memang idol-idol ternama. Namun, harga tersebut jauh di atas harga tiket konser solo masing-masing artis. Apalagi, beberapa artis baru saja datang ke Indonesia untuk konser solo, seperti Super Junior.

SuJu baru menyelenggarakan Super Show 7S pada Juni lalu dengan harga tiket paling mahal Rp2,4 juta. Di bulan yang sama, solois sekaligus mantan member WANNA ONE, Ha Sung-woon juga baru berkunjung ke Indonesia untuk fanmeeting dengan harga tiket paling mahal Rp2,15 juta.

Bahkan pada Agustus kemarin, NU'EST melangsungkan konser solo perdana di Jakarta dengan harga tiket paling mahal Rp2,4 juta.

Cana Global Media selaku promotor sepertinya menyadari hal tersebut. Jelang hari konser, mereka pun gencar menggelar flash sale tiket hingga setengah harga bahkan bisa melalui penukaran poin Tokopedia.

Padahal, mestinya flash sale dilakukan di awal penjualan untuk menarik lebih banyak penonton. Ketika sudah dilakukan saat konser dimulai dan sepi, peluang menarik penonton terbilang minim.

Super JuniorFoto: Dok. SM Town
Super Junior


Mungkin kondisi ini juga yang membuat pengamanan menjadi ekstra ketat. Penonton benar-benar dilarang untuk mengambil gambar artis melalui telepon genggam.

Tak terhitung berapa kali kru menegur banyak penonton terutama yang di area festival karena mengabadikan momen tersebut. Padahal biasanya penonton hanya dilarang mengambil gambar melalui kamera profesional.

Mengingat SKF 2019 masih akan berlangsung pada Minggu (29/9), panitia harus kerja keras untuk memperbaiki pengalaman tak menyenangkan di hari pertama.

SKF 2019 hari kedua akan diisi oleh Lee Hi, fromis_9 dan MOMOLAND. Selain itu, Red Velvet, Super Junior - D&E serta Kyuhyun tetap akan tampil di acara tersebut. (chri/end)