Baru Tayang di AS, Film 'Parasite' Dulang Nilai Sempurna

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 11:08 WIB
Baru Tayang di AS, Film 'Parasite' Dulang Nilai Sempurna Baru tayang di AS, nilai ulasan 'Parasite' justru naik dan mendapatkan nilai yang sempurna dari berbagai kritikus, mengalahkan 'Joker' dan pemenang Oscar. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Korea Selatan 'Parasite' berhasil mencuri perhatian para kritikus di Amerika Serikat. Film yang baru tayang di AS pada 11 Oktober waktu setempat tersebut bahkan mendapat nilai sempurna.

Laman agregator Rotten Tomatoes mencatat dari 25 ulasan kritikus dari berbagai media per Jumat (11/10), film pemenang Palme d'Or Cannes Film Festival 2019 tersebut mendapatkan nilai 100 persen alias tak ada yang memberikan ulasan buruk.

Angka ini tercatat naik dari sebelumnya, 98 persen pada Juni lalu.


Perolehan Parasite ini bahkan lebih tinggi dari film peraih Piala Oscar Best Picture 2018, Green Book yang hanya mendapatkan nilai 75 persen, atau Joker yang mendulang banyak pujian tapi hanya mendapatkan nilai 69 persen.

Dalam Rotten Tomatoes, perolehan Parasite ini juga lebih tinggi dari film peraih Piala Oscar untuk International Feature, Roma karya Alfonso Cuaron yang mendulang nilai 96 persen, serta film The Peanut Butter Falcon yang tercatat bernilai 95 persen.

Parasite juga mendulang nilai nyaris sempurna di laman agregator Metacritics. Dalam laman ini, film karya Bong Joon Jo tersebut mendapatkan nilai 95 persen dari 31 ulasan yang telah dikumpulkan.

Nilai tertinggi Parasite dalam Metacritics datang dari Stephanie Zacharek dari Time.

"Ada banyak alasan bagus mengapa film ini siap menggema di seluruh dunia. Film ini mengisahkan sebuah cerita yang mungkin bisa kau ikuti tanpa takarir (subtitle) atau dialog apa pun: raut muka pada aktor ini menunjukkan kejelasan yang tajam bagaimana rasanya menjadi orang pencilan di dunia yang penuh orang kaya dan keistimewaan," kata Zacharek.

Kritikus Manohla Dargis dari The New York Times juga tercatat memberikan nilai 100 untuk Parasite.

"Arahan Bong dalam medium ini amat mendebarkan. Dia senang memindahkan kamera, kadang hanya untuk menarik perhatian Anda dari tempat yang semula Anda pikirkan. Tetapi selalu sejalan dengan ceritanya yang kreatif dan mengesankan," kata Dargis.
Baru Tayang di AS, 'Parasite' Dulang Nilai SempurnaParasite juga mendulang nilai nyaris sempurna di laman agregator Metacritics. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)

Dalam Metacritic, nilai Parasite ini unggul tipis dari film karya Christopher Nolan, Dunkirk yang mendapatkan nilai 94. Atau, Inside Out yang juga mendapatkan nilai 94.

Film Parasite karya Boong Joon-ho menjadi perbincangan usai memenangkan Palme d'Or, kategori tertinggi di ajang bergengsi Cannes Film Festival 2019.

Kemenangan itu pun berdampak pada rasa penasaran penonton yang terus meninggi soal film ini.

Parasite mengisahkan kehidupan keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), seorang supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook (Jang Hye-jin) bersama dua anak mereka yang sudah berusia belasan tahun di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni.

Mereka semua pengangguran. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka menggantungkan diri pada pendapatan kecil dari melipat kotak piza. Namun suatu hari, kesempatan untuk mengubah nasib datang meskipun harus menjadi parasit bagi keluarga lain.

Film Parasite dibintangi oleh aktor kenamaan Korea Selatan, Song Kang-ho yang memerankan sosok Kim Ki-taek, lalu ada Jang Hye-jin sebagai Choong-sook, Choi Woo-shik sebagai Kim Ki-woo, dan Park So-dam sebagai Kim Ki-jung.

Selain mereka, film ini juga dibintangi Lee Sun-kyun sebagai Tuan Park, Cho Yeo-jeong sebagai Yeon-kyo, Jung Ji-so sebagai Park Da-hye, dan Jung Hyun-joon sebagai Park Da-song.

Film Parasite sempat menjadi jawara di box office selama dua pekan pertama penayangannya. Kini, film ini telah menjual 9 juta tiket dan mendulang US$67 juta, hanya di Korea Selatan.

Di Indonesia, film Parasite telah dirilis sejak 24 Juni. Meski telah turun layar, Parasite kini tayang kembali di Korea Indonesia Film Festival 2019. Jadwal selengkapnya KIFF 2019 bisa dicek di sini.

[Gambas:Youtube] (end)