Hb Menurun, Sapardi Djoko Damono Dirawat di Rumah Sakit

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 12:48 WIB
Hb Menurun, Sapardi Djoko Damono Dirawat di Rumah Sakit Pujangga Sapardi Djoko Damono diketahui tengah dirawat di rumah sakit di bilangan Jakarta Selatan pada Kamis (14/11). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seniman Sapardi Djoko Damono dirawat di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, karena hemoglobin (HB) yang menurun. Kabar itu dikonfirmasi oleh kerabat Sapardi, Sonya Sondakh.

"HB drop (menurun) dan ini sudah ketiga kali dalam empat bulan ini. Belum tahu sebabnya, perlu pemeriksaan," kata Sonya kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (14/11).

Sonya menjelaskan, Sapardi membutuhkan donor darah golongan B+. Namun untuk saat ini, donor darah untuk Sapardi sudah mencukupi.


"Donor bisa saja diperlukan lagi jika sudah ada hasil lab terakhir. Terima kasih kepada semua yang bersedia donor. Tapi saya belum bisa pastikan seberapa banyak perlunya," kata Sonya.

Sapardi merupakan sastrawan Indonesia yang aktif sejak 1950an sampai saat ini. Pria 79 tahun itu tak hanya menulis banyak sajak yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, namun juga esai dan cerita pendek. Jelang akhir tahun 1980-an, puisis-puisi Sapardi mulai dimusikalisasi dan membuatnya makin populer. 

Dari puluhan buku yang pernah ditulis oleh Sapardi Djoko Damono, 'Hujan Bulan Juni' (1994) adalah salah satu yang paling terkenal. (adp/rea)