Kejutan dan Kontroversi Nominasi Grammy Awards 2020

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 16:23 WIB
Kejutan dan Kontroversi Nominasi Grammy Awards 2020 Di Grammy Awards 2020, Taylor Swift terpaksa puas hanya dengan satu nominasi. (dok. YouTube/TaylorSwift)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengumuman nominasi Grammy Awards 2020 pada Rabu (20/11) waktu Amerika Serikat menyisakan banyak reaksi, mulai dari terkejut karena ada musisi yang mendapatkan nominasi hingga kesal karena musisi yang dijagokan justru tak dianggap oleh Komite Recording Academy.

Secara umum, dari 89 lebih nominasi, Lizzo memimpin delapan nominasi. Ia serta dalam Record of the Year untuk lagu 'Truth Hurts', Album of the Year untuk 'Cuz I Love You (Deluxe)', serta Best New Artist.

Setelah Lizzo, Lil Nas X dan Billie Eilish masing-masing mendapat enam nominasi. Pencapaian ini menandai ketiganya sebagai nomine Grammy Awards untuk pertama kali.
Namun di belakang mereka, ada sejumlah keputusan yang mengundang kontroversi, mulai dari BTS yang tidak masuk ke dalam nominasi apapun, sampai nama-nama besar seperti Taylor Swift, Lady Gaga, dan Beyonce yang terdepak dari kategori utama.


Taylor Swift 'Terdepak'

Taylor Swift yang baru saja kembali dengan album terbaru 'Lover' tampaknya harus puas hanya dengan satu nominasi di kategori utama, Song of the Year.

Album Lover yang dirilis pada bulan Agustus lalu ini tidak berhasil masuk ke dalam kategori Album of the Year, yang sudah ia menangkan dua kali sebelumnya.
Taylor Swift dalam 'Lover' yang harus puas hanya dengan satu nominasi di Grammy Awards 2020. (dok. Republic Records/Taylor Swift)
Dalam kategori puncak tersebut, Taylor Swift tersingkir karena banyak nama-nama baru yang muncul seperti Billie Eilish dan Lizzo. Ada juga Lil Nas X dengan mini albumnya, '7', yang menuai kontroversi karena berhasil masuk Album of the Year.

Beberapa musisi lain juga berhasil masuk ke dalam kategori Album of the Year, yaitu Bon Iver dengan album 'I,I', Vampire Weekend dengan 'Father of the Bride', dan Lana Del Rey dengan album 'Norman F***ing Rockwell'. 

Sebagai gantinya, Taylor Swift mendapatkan nominasi di kategori Pop Vocal bersama "nama besar" lainnya, yakni Beyonce, Lady Gaga, dan Ed Sheeran.

Tanggal Rilis 'Truth Hurts'

Keputusan Komite Recording Academy memasukkan lagu Truth Hurts milik Lizzo dalam kategori Song of the Year menimbulkan perdebatan.

Lagu ini diketahui rilis perdana pada September 2017 sebagai single, meskipun baru viral pada 2019 setelah dipopulerkan pada aplikasi Vine.

Hal itu bertolak belakang dari keputusan komite atas syarat pendaftaran Grammy Awards 2020 bahwa karya yang boleh ikut mesti rilisan paling lama semester kedua 2018 sampai November 2019.

Namun karena Truth Hurts masuk dalam album 'Cuz I Love You' versi Deluxe yang dirilis 2019 dan belum pernah dikirimkan untuk nominasi, maka Grammy memperbolehkan Truth Hurts untuk bersaing dalam kategori Song of The Year.

Lizzo sendiri memang merupakan sosok yang fenomenal pada tahun 2019 berkat lagu tersebut.

BTS Gagal Tembus Grammy

Meski telah menorehkan prestasinya dalam kancah internasional, boyband K-Pop BTS tidak berhasil masuk ke dalam nominasi Grammy pada tahun ini.

Hal ini langsung memunculkan banyak pertanyaan di kalangan penggemar, karena BTS dianggap telah memecahkan berbagai macam rekor pada tahun ini.

Sejumlah rekor itu di antaranya menjual habis seluruh tiket konser tur mereka, sampai menjadi penyanyi tercepat yang memiliki tiga album nomor satu di tangga lagu Amerika Serikat Billboard 200 selama kurang dari satu tahun. Rekor ini membuat mereka menjadi musisi kedua yang mampu mencapai hal itu setelah The Beatles.

Billie Eilish Pecahkan Rekor

Billie Eilish berhasil menorehkan sejarah dengan menjadi penyanyi termuda yang mendapat nominasi di empat kategori utama Grammy.

Penyanyi 17 tahun ini mendapatkan nominasi dalam Record of the Year dengan 'Bad Guy', Album of the Year dengan 'When We All Fall Asleep, Where Do We Go', Song of the Year dengan lagu 'Bad Guy', dan Best New Artist.
Billie Eilish, remaja yang mengguncang industri musik AS. (Chris Delmas / AFP)
Bila ia memenangkan Album of the Year, maka Billie akan menggeser Taylor Swift yang sampai saat ini tercatat sebagai pemenang termuda kategori itu melalui album 'Fearless' saat usianya 20 tahun.

Ariana Grande Muncul di Kategori Utama

Meski bukan musisi baru, Ariana Grande dan Lana Del Rey berhasil masuk dalam kategori utama Grammy Awards 2020. Hal ini jadi yang pertama kali bagi kedua musisi wanita tersebut.

Tahun ini Lana Del Rey dan Ariana Grande masing-masing berhasil masuk dalam kategori Album of the Year. Lana dengan album bertajuk 'Norman F***ing Rockwell', sedangkan Ariana dengan album 'Thank U, Next'.

Selain itu Ariana juga masuk ke dalam kategori Record of the Year lewat lagu '7 Rings'.

Mendiang Nipsey Hussle Dapat Nominasi

Mendiang Nipsey Hussle mendapatkan tiga nominasi Grammy setelah meninggal pada Maret lalu. Nipsey Hussle meninggal pada usia 33 tahun setelah ditembak di depan tokonya, beberapa bulan lalu.

Rapper Amerika tersebut berhasil menjadi nominasi dalam kategori Best Rap Performance dengan lagunya 'Racks in the Middle', Best Rap/Sung Performance dengan 'Higher' yang juga berkolaborasi dengan John Legend dan DJ Khaled, serta Best Rap Performance untuk lagunya 'Racks in the Middle'.

[Gambas:Video CNN] (kir/rea)