Penahanan Pejabat 'Produce' Diperpanjang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 16:31 WIB
Penahanan Pejabat 'Produce' Diperpanjang Pihak kejaksaan meminta penahanan pejabat 'Produce' diperpanjang untuk menyelidiki bukti lain dan potensi keterlibatan orang lain. (Screenshot via facebook (Produce x 101))
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak Kejaksaan Korea Selatan disebut telah meminta perpanjangan penahanan pejabat 'Produce X 101' Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum terkait kisruh manipulasi di ajang pencarian bakat tersebut.

Diberitakan Allkpop, perpanjangan penahanan tersebut bertujuan untuk penyelidikan lebih lanjut terkait pencarian bukti lainnya dan potensi keterlibatan pejabat yang lebih tinggi atas kasus tersebut.

Sebelumnya pihak kepolisian telah melakukan sejumlah penyelidikan dan penyitaan dari penggerebekan di kantor CJ ENM.


Pada awal bulan ini, pihak kepolisian telah menangkap delapan individu terkait skandal manipulasi suara ajang pencarian bakat Produce.

Kedelapan orang tersebut termasuk Ahn Joon Young, Kim Yong Bum, perwakilan staf Mnet, sumber dalam industri hiburan Korea Selatan.

Direktur Produksi CJ ENM Ahn Joon Young selaku PD pun mengakui telah melakukan manipulasi hasil bukan hanya pada Produce 48 dan Produce X 101 saja, melainkan sejak musim pertama dan kedua.

Musim pertama dan kedua dari seri 'Produce' tersebut menghasilkan girlband I.O.I dan boyband WANNA ONE.

Hal ini diketahui setelah tim investigasi siber Kepolisian Metropolitan Seoul meneruskan laporan Ahn Joon-young dan ketua produser Kim Yong-bum dengan tuntutan tuduhan penipuan, suap, dan pelanggaran Undang-Undang Permohonan dan Penyogokan yang tidak benar.

Di sisi lain, akibat dari kekisruhan manipulasi suara ini, boyband X1 yang lahir dari ajang Produce X 101 batal tampil di sejumlah acara, salah satunya V Live Awards V HEARTBEAT 2019.

"Halo ini Mnet. Kami meminta maaf karena karena permasalahan yang terjadi di program kami," tulis Mnet seperti dilansir Xporsnews via Naver.

"Setelah mempertimbangkan sentimen publik belakang ini, kami memutuskan X1 tidak akan tampil di 2019 V Live Awards V HEARTBEAT," ucap Mnet dalam keterangan resminya.

Awalnya, X1 disebut akan tetap tampil dalam Live Awards V HEARTBEAT 2019 di tengah permasalahan hukum yang menjerat petinggi survival show Produce X 101.

Namun, perubahan perlahan terjadi. Mulai dari batal tampil dalam red carpet jelang V Live Awards V HEARTBEAT 2019 hingga akhirnya tidak beraksi sama sekali dalam acara yang dibintangi sejumlah musisi ternama tersebut.

2019 V Live Awards V Heartbeat akan diselenggarakan di Gocheok Sky Dome, Seoul pada 16 November. Acara tersebut dimeriahkan GOT7, CIX, JANNABI, TXT< AB6IX, MONSTA X, MAMAMOO, Stray Kids, Afgan (Indonesia), Anne-Marie (Inggris) dan Noo Phuoc Thinh (Vietnam). (end)